Tangkap Perusuh Pilkada

Plt Gubernur Aceh Mayjen TNI (Purn) Soedarmo sampaikan kata sambutan FOTO FOR RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Plt Gubernur Aceh Mayjen TNI (Purn) Soedarmo mengatakan sudah memerintahkan pada Kapolda Aceh bila ada yang membuat kericuhan dalam Pilkada di Aceh untuk di tangkap dan tahan.

“Saya sudah sampaikan pada pasangan calon untuk dikendalikan timses dan para pendukungnya, jangan sampai berbuat di luar wewenang pasangan calon masing-masing, iya jika buat keributan saya sudah perintahkan Polda jararannya termasuk didukung panglima kodam dan jajarannya, untuk tangkap dan tahan,” kata Soedarmo.

Dikatakannya, pemerintah komit jaga situasi yang aman, tentram, sehingga Pilkada bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

“Jadi jangan dikotori oknum yang tidak bertanggungjawab, saya suruh tangkap dan tahan bila ada keributan, biarkan aja, kita kompetisi dengan baik dan sportif, tidak perlu kita merusak alat peraga dan jangan melangar,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak mengatakan pihaknya telah melakukan pemetaan sejumlah daerah yang rawan gangguan keamanan menjelang Pilkada.

Hal tersebut dilakukan, harapannya, agar gangguan-gangguan keamanan terkait Pilkada dapat dicegah serta proses demokrasi dapat berjalan aman dan damai. Kapolda juga berharap pelaksanaan Pilkada di Aceh selain berjalan damai, juga dapat terlaksana dengan transparan, cerdas dan berkepribadian.

“Kita semua berharap, Pilkada yang diselengarakan secara serentak dapat berjalan dengan aman dan damai, terbangun demokrasi di provinsi aceh yg transparan, cerdas dan berkepribadian. Dan pada akhirnya akan terpilih pemimpin yang amanah untuk kesejahteraan masyarakat Aceh,” tegasnya.

Terkait seringnya terjadi ancaman dan intimidasi dari oknum-oknum tertentu, Kapolda Aceh berharap masyarakat tidak takut. “Masyarakat tidak perlu takut atau khawatir terhadap intimidasi dari siapapun dan atau bentuk apapun,” sebutnya. (ibi)