650 Mahasiswa KKM Umuslim Diberi Pembekalan

PEMBEKALAN: Mahasiswa mengikuti pembukaan pembekalan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Aula ACC Ampoen Chiek Peusangan, Bireun, Rabu (28/12) RAHMAT HIDAYAT/RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – 650 mahasiswa Universitas Almuslim Peusangan, Bireuen. Mengikuti pembekalan menjelang turun ke gampong mengikuti Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di lima kecamatan di Bireuen dan Pidie Jaya, selama tiga hari di Aula ACC Ampon Chiek Peusangan dan MA Jangka. Pembekalan dibuka Rektor Umuslim, Amiruddin Idris, Rabu (28/12) pagi.

Mahasiswa berbagai fakultas dan program studi mengikuti KKM angkatan XV tahap II tahun akademik 2016/2017 itu terdiri dari 457 perempuan dan 175 laki-laki. Dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 299, Fakultas Pertanian 125, FISIP 33, Fakultas Ekonomi 29, Fakultas Teknik 33 dan Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) 132 orang.

“Mahasiswa memilih mengikuti KKM di Bireuen 456 orang dan 194 mahasiswa memilih KKM ke Pidie Jaya, dalam pembekalan tiga hari ini peserta menerima materi umum dan khusus dari para pakar,” ungkap Ketua Badan Pelaksana (Bapel) KKM Umuslim, Syarkawi.

Dijelaskan juga bagi mahasiswa KKM di tiga Kecamatan di Bireuen yakni Makmur, Peusangan Selatan dan Juli, mengikuti pembekalan tiga hari di Aula ACC Ampoen Chiek Peusangan. Untuk mahasiswa KKM di Kecamatan Meureudu dan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya untuk hari kedua dan ketiga ikuti pembekalan terpisah di Aula MA Jangka kampus Umuslim.

Dari lima kecamatan di dua kabupaten itu, mahasiswa KKM Umuslim ditempatkan di 69 gampong dan setiap gampong ditempati sembilan sampai sepuluh mahasiswa berasal dari berbagai program studi dan disiplin ilmu. Jumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) 23 orang dan para dosen tetap Umuslim itu bertugas melakukan suvervisi ke gampong.

Sedangkan monitoring dan evaluasi program KKM dari unsur pimpinan terdiri dari rektorat dan dekanat dilaksanakan minggu terakhir. Serah terima peserta KKM kepada Pemkab Bireuen Selasa 10 Januari 2017 di kantor Bupati. Serah terima di kantor Bupati Pidie Jaya pada Rabu 11 Januari 2017.
“Bagi mahasiswa yang memilih KKM di Bireuen, waktu pelaksanaannya 45 hari mulai 10 Januari-22 Februari 2017 dan tidak diwajibkan menginap di gampong lokasi KKM. Untuk KKM di Pidie Jaya, 30 hari mulai 11 Januari-9 Februari 2017,” rinci Ketua Bapel KKM, Syarkawi.

Rektor Umuslim Amiruddin Idris dalam pembekalan KKM dengan tema menciptakan pembangunan gampong yang mandiri melalui kegiatan pengabdian mahasiswa Almuslim, itu mengatakan Kuliah Kerja Mahasiswa merupakan program wajib diikuti mahasiswa saat ini sudah bisa mulai semester lima dengan beban 4 SKS setara dengan mata kuliah lain.

Rektor mengharapkan pelaksanaan KKM terlaksana dengan sebaik-baiknya, karena akan ada penilaian dan evaluasi dari para supervisor ditunjuk. Mahasiswa senantiasa menjaga nama baik almamater dan wajib ada program pribadi setiap mahasiswa diaplikasikan di gampong.
“Fungsi KKM sebagai motivator pembangunan dan kedatangan mahasiswa membawa manfaat bagi masyarakat,” pungkas Rektor. (rah/rif)