ACEH UTARA (RA) – Mulai tahun 2017, semua guru dan tenaga administrasi berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tingkat SLTA di semua kabupaten/kota dialihkan ke provinsi.

Kondisi ini juga berlaku di Kabupaten Aceh Utara. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 1.120 PNS kini berstatus sebagai pegawai Provinsi Aceh.

Informasi dterima wartawan koran ini, sejumlah guru dan tenaga administrasi di tingkat SLTA telah menerima SK dikeluarkan Provinsi Aceh. Adanya SK tersebut, mulai berlaku mundur sejak Oktober 2016, semua pengurusan dan pembiayaan gaji kini telah beralih ke provinsi.

Pengalihan sejumlah PNS tersebut dibenarkan Kepala BKPP Aceh Utara, Syarifuddin, dikonfirmasi Rakyat Aceh, kemarin. Dia mengatakan, dengan pengalihan ini, tentu jumlah PNS Aceh Utara kini telah berkurang jika dibandingkan sebelumnya.
“Ada sekitar 1.120 jumlah PNS yang dialihkan ke Provinsi Aceh. Efektif berlaku mulai 2017, meski sebelumnya data telah terkirim. Ini mengikuti aturan yang dibuat dari pusat,”terang Syarifuddin.

Sementara itu, Kepala Bidang Dikmen Dinas Pendidikan Aceh Utara, Zulkarnaini, juga membenarkan kalau semua urusan menyangkut PNS yang ada di tingkat SLTA sederajat dialihkan ke provinsi. Bahkan mulai tahun 2017, bidang Dikmen sudah tidak ada lagi di tingkat kabupaten.

“Semua urusan pendidikan menengah, kini ditangani oleh provinsi,”terangnya saat dikonformasi Rakyat Aceh. (agt/arm/min)