Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 6 Jan 2017 09:48 WIB ·

Di Aceh, Pemohon Paspor Ribuan Perbulan


 ILUSTRASI  Foto JPNN Perbesar

ILUSTRASI Foto JPNN

BANDA ACEH (RA) – Jumlah pemohon pembuat paspor baru di Kantor Imigrasi Kelas I Banda Aceh mencapai ribuan dalam sebulannya.

“Dalam sebulan bisa mencapai 1.500-2000 orang. Jumlah pembuat paspor perempuan dan laki-laki berimbang,” kata Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian (Kasi Lantaskim) Kantor Imigrasi Kelas I Banda Aceh, Syahril, Kamis (5/1).

Syahril menyebutkan, dalam sehari masyarakat yang datang ke kantor Imigrasi untuk membuat paspor mencapai ratusan. Bahkan para petugas bisa pulang terlambat karena melayani pembuatannya.
“Masyarakat yang datang membuat paspor mencapai 100 lebih orang dalam sehari. Kebanyakkan berasal dari Sigli. Mamasuki 2017 juga sudah ramai,” katanya.

Ia menambahkan, masyarakat yang membuat paspor kebanyakkan untuk keperluan berobat ke luar negeri. Namun ada juga untuk wisata dan liburan. “Alasan masyarakat membuat paspor ada yang wisata, liburan, umrah, studi tour dan berobat. Tapi kebanyakkan untuk berobat ke luar negeri,” katanya.

Setiap tahun, lanjutnya, jumlah pemohan membuat paspor terus alami peningkatan. Pembuat paspot berasal dari beberapa daerah Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, termasuk Banda Aceh. “Jumlahnya terus alami peningkatan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika paspor hilang atau sudah habis masa berlakukanya, masyarakat diimbau untuk segera melaporkan ke kepolisian, agar segera bisa mengurusnya kembali.

“Jika paspor hilang atau mati pemilik harus melapor kepolisian. Ke Polres bisa, ke Polsek juga bisa. Setelah itu lengkapi persyaratan untuk membuat paspor seperti semula,” katanya.

Proses pembuatan dan pengurusan administrasi paspor tidak rumit dan akan selesai dalam tiga hari. “Setelah semua persyaratan lengkap dan melakukan pembayaran,” tambahnya.(mag-68)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

TRK Minta Pj. Gubernur Tegas Terhadap Permainan Harga Sawit

16 July 2024 - 20:48 WIB

Safni Calon Kuat yang Direkomendasikan Partai Gerindra

16 July 2024 - 19:35 WIB

PMI Kota Banda Aceh Gelar Aksi Donor Darah Sukarela, Pj Wali Kota Banda Aceh dan Pj Bupati Aceh Besar Ikut Donor Darah

16 July 2024 - 17:07 WIB

Tingkatkan Pelayanan Publik, Kakanwil Pajak Aceh Kunjungi Ombudsman RI

16 July 2024 - 16:02 WIB

Saat Diskusi Hukum, Kemenkumham Aceh Dorong Ie Masen Kayee Adang Jadi Desa Sadar Hukum

16 July 2024 - 15:21 WIB

Dewan sarankan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ciptakan sekolah ramah Anak dan bebas dari Segala Bentuk Kekerasan

16 July 2024 - 12:39 WIB

Trending di METROPOLIS