Ilustrasi

RAKYAT ACEH (RA) – Rasa nyeri pada tumit merupakan keluhan umum yang sering diterima para ahli bedah ortopedi dan podiatrist (ahli dalam gangguan kaki, pergelangan kaki, lutut, dan pinggul).

Nyeri tersebut menyebabkan Anda tidak nyaman beraktivitas. Berikut beberapa alasan mengapa tumit Anda sering terasa nyeri, seperti dilansir laman Prevention, Kamis (5/1).

1. Pemilihan sepatu.

Nyeri menyakitkan pada tumit dimulai dengan sepatu Anda. Sebaiknya Anda memilih sepatu yang sesuai dengan arsitektur kaki Anda dan tidak terlalu kaku atau terlalu fleksibel.

Hak sepatu harus membuat Anda merasa seperti Anda sedang berjalan di udara. Jika Anda telah memakai sepatu hak tinggi selama beberapa jam, coba beralih ke sepatu flat.

2. Kurang cairan.

Tetap terhidrasi sangat penting ketika datang untuk mengobati kaki kram. Sebaiknya Anda minum cairan elektrolit setelah berolahraga dan mengonsumsi makanan tinggi kalium dan kalsium.

3. Olahraga terlalu sering.

Jika Anda berolahraga terlalu sering maka hal tersebut bisa menempatkan stres yang tidak perlu pada otot Anda. Dan jika Anda tidak berolahraga cukup, mulai bergerak.

Karena jarang berolahraga justru bisa mengakibatkan atrophies otot dan menurunkan sirkulasi.

4. Peregangan yang salah

Melakukan peregangan yang tidak benar juga bisa menyebabkan kram pada tumit.

Melakukan beberapa pijatan dan merendam kaki Anda dengan air hangat akan membantu meredakan nyeri otot.(fny/chi/jpnn)