Ini kata Fadli Zon Soal Pencopotan Dandim Pelatih FPI

Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

RAKYAT ACEH (RA) – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyayangkan langkah Pangdam III Siliwangi Mayjen M Herindra mencopot Komandan Distrik Militer (Dandim) 0603 Lebak, Banten, Komandan Kodim Lebak Letkol Czi Ubaidillah karena memberikan pelatihan bela negara kepada organisasi Front Pembela Islam (FPI). Menurutnya, setiap warga negara berhak ikut bela negara.

BACA JUGA : Kodim Melatih FPI, Dandim Langsung Dicopot

BACA jUGA : FPI dan TNI Latihan ala Militer di Banten, Ada Apa?

“Mestinya tidak perlu sedrastis itu (mencopot, red). Setiap warga negara Indonesia mempunyai kedudukan yang sama, mereka (FPI, red) juga warga negara Indonesia,” kata Fadli saat ditemui di kompleks parlemen Jakarta, Senin (9/1).

Fadli menambahkan, bela negara juga harus dimaknai lebih luas. Menurutnya, pelatihan bela negara tidak semata mempersiapkan diri untuk maju ke medan tempur, tapi juga menguatkan perekonomian rakyat dan kepentingan nasional lainnya.

Politikus Partai Gerindra itu menambahkan, program bela negara yang dicanangkan pemerintah bisa diikuti semua organisasi kemasyarakatan dengan berbagai latar belakang. Fadli justru memuji keikutsertaan FPI dalam program pelatihan bela negara.

“Itu kan bagus. Semakin banyak orang dilatih bela negara dari mana pun latar belakangnya, selama dia punya komitmen terhadap NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, itu sangat polistif. Justru harus dikembangkan,” tuturnya.(fat/jpnn)