Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 9 Jan 2017 13:58 WIB ·

Gempa 5,5 SR Guncang Padang


 Ilustrasi (Imam Husein/Jawa Pos) Perbesar

Ilustrasi (Imam Husein/Jawa Pos)

RAKYAT ACEH (RA) – Gempa bumi berkekuatan 5,5 SR mengguncang Kota Padang, Senin (9/1), sekitar pukul 18.28 WIB. Kendati dirasakan selama 5 hingga 10 detik, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, berdasar data BMKG, pusat gempa berada di laut pada kedalaman 17 km. Pusat gempa 64 km barat laut Pesisir Selatan atau 83 km barat daya Kota Padang.

“Sumber gempa berasal dari zona subduksi lempeng Hindia Australia dan Eurasia. Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Sutopo dalam pesan singkatnya yang diterima JawaPos.com, Senin (9/1).

Lebih lanjut Sutopo mengatakan, posko BNPB telah melakukan konfirmasi ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Gempa dirasakan keras di Kota Padang, Pesisir Selatan dan Muko-Muko (Bengkulu).

Atas kejadian ini, masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah dan bangunan. Di Muko-muko dilaporkan gempa dirasakan mengayun secara horizontal selama 5-10 detik.

Gempa juga dirasakan ringan hingga sedang di Solok, Pariaman, Padang Pariaman. Gempa susulan dengan intensitas ringan dirasakan oleh masyarakat. “Belum ada laporan dampak gempa, baik korban jiwa dan kerusakan bangunan. BPBD masih melakukan pendataan,” sambung Sutopo.

Berdasarkan analisis peta guncangan gempa dirasakan dari USGS (Badan Geologi Amerika) intensitas gempa dirasakan di Kota Padang, Pesisir Selatan dan Muko-Muko IV MMI (ringan).

Bahkan daerah terdekat dengan pusat gempa intensitasnya ringan hingga sedang. Mengacu pada peta guncangan gempa dirasakan tersebut diprediksikan tidak ada kerusakan bangunan yang masif dari gempa. Umumnya bangunan akan rusak berat jika menerima guncangan dengan intensitas lebih dari VI MMI. (iil/JPG)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Abu Razak Cek Progres Venue PON

24 July 2024 - 15:00 WIB

Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah

24 July 2024 - 14:47 WIB

Polda Aceh Tahan Mantan Pimpinan Bagian Kredit Bank Mandiri KCP Bener Meriah

24 July 2024 - 12:52 WIB

Polisi akan Tindak Truk Tangki Penyebab Tumpahan CPO di Jalan

24 July 2024 - 11:42 WIB

Jalin Sinergi dan Koordinasi, Kakanwil Pajak Kunjungi Polda Aceh

23 July 2024 - 19:59 WIB

Komitmen OJK Tingkatkan Literasi dan Akses Keuangan Syariah bagi UMKM dan Santri di Aceh

23 July 2024 - 19:52 WIB

Trending di UTAMA