Tiga Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung

SIMEULUE (RA)– Puting beliung melanda pulau Simeulue hingga menyebabkan tiga rumah rusak. Ikhsan Mikaris, Kepala BPBD Simeulue, menyatakan kerusakan rumah warga terjadi di Kecamatan Simeulue Timur. Selain itu, kantor operasional Bank Syariah Mandiri (BSM) juga ikut rusak.

Hujan lebat yang disertai angin puting beliung tersebut, terjadi sekitar pukul 14.50 WIB, Sabtu (7/1). Selain bangunan, puting beliung juga menumbangkan pohon di sejumlah jalan dan pemukiman warga.

Tak hanya itu, puluhan alat peraga kampanye Pilkada ukuran besar hingga kecil juga roboh dan rusak. “Hujan lebat yang disertai angin puting beliung, siang itu, telah merusak rumah warga, menumbangkan pohon dan alat peraga kampanye pemilu,” kata Ikhsan Mikaris, Ahad (8/1).

Tak ada korban jiwa dan luka-luka dalam peristiwa tersebut. Ia menyebutkan kerusakan rumah warga terjadi di Desa Amiria Bahagia. Sementara pohon tumbang terjadi di ruas jalan jalur dua di kawasan Desa Suak Buluh, Kecamatan Simeulue Timur dan ruas jalan Desa Amiria Bahagia, serta pohon yang ada di lapangan upacara Pemkab Simeulue.

Estimasi kerugian sementara sekitar Rp35 juta. “Penanganan untuk pembersihan pohon tumbang, dan estimasi kerusakan bangunan rumah milik warga, sekitar Rp 35 juta,” katanya. (ahi/mai)