Bus Rombongan Mahasiswa Masuk Jurang

Bus pengangkut mahasiswa Unsyiah terbalik di Enang-Enang, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Ahad(15/1). MANSURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Sedikitnya, 27 orang mahasiswa mengalami luka-luka dalam kecelakaan bus sekitar 15.15 WIB, Ahad (15/1). Naas bus dengan nomer polisi BL 7101 LD itu, terjadi di lintas provinsi Enang-enang, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah.

Para penumpangnya merupakan alumni dan mahasiswa pengurus BEM MIPA Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Kapolres Bener Meriah AKBP Deden Soemantri menyatakan, bus sedang berjalan arah Takengon menuju Bireuen. Ia memperkirakan kedalaman jurang mencapai 30 meter. “Mengakibatkan penumpang mengalami luka-luka,” sebutnya.

Ia menjelaskan, dari 29 orang penumpang termasuk sopir dan kondektur bus, 12 orang di antaranya telah dirujuk ke RSU Bireun guna mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

“Sebelumnya korban dilarikan ke Pukesmas Pintu Rime Gayo, namun pihak Pukesmas telah merujuk ke RSU Bireun. Dari 29 orang, 11 di antaranya mengalami luka berat sehingga harus dirujuk, “ ungkap Bedol.

Sementara Kanit Laka Polres Bener Meriah, Abdul menyatakan para mahasiswa tersebut pulang dari berlibur di Takengon, Aceh Tengah.
“Sepulangnya dari Takengon menuju Banda Aceh, mobil tersebut jatuh ke jurang. Pada saat jatuh, mahasiswa yang berada di dalam bus dalam keadaan tidur sehingga belum diketahui penyebab pasti terjatuhnya bus itu,” sebutnya.

Iya menyampaikan, sopir bus bernama H Asnawi (50) warga Banda Aceh. Hingga kemarin malam, polisi belum dapat memastikan penyebab kecelakaan. “Masih dalam proses penyelidikan, dan untuk barang bukti akan segera diangkut menuju Polres Bener Meriah guna penyelidikan lebih lanjut,” tegasnya. (mag-70/rah/rif/mai)