Si Tambo Tiba di Bener Meriah

Serah teriama maskot pilkada di Bener Meriah, Ahad (15/1). MANSURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Maskot Pilkada Damai Aceh, Si Tambo, tiba di Kabupaten Bener Meriah, yang diserahkan oleh KIP Aceh Tamiang Kepada KIP Bener Meriah, di halaman Kantor KIP Bener Meriah, Sabtu (14/1).
“Kita telah menerima Si Tambo dan kita akan mengarak keliling Kota Redelong sebagai pertanda genderang tahapan Pilkada serantak dimulai,” ungkap Ketua KIP Bener Meriah, Muhtarudin, kepada Rakyat Aceh usai acara serah terima maskot Pilkada itu.

Sebelumnya, serah terima dilakukan komisioner KIP Aceh Tamiang yang diwakili Komisioner bidang Humas, Ir. Ijuddin kepada Ketua KIP Bener Meriah. Serah terima Sitambo berlangsung secara Adad Gayo dengan prosesi tepung tawar (peusejuk), yang dilakukan Majelis Adad Gayo (MAG) Kabupaten Bener Meriah.

Acara tersebut turut dihadiri Pelaksanaan Tugas (Plt) Bupati Bener Meriah, Drs Hasannudin Darjo MM, Kapolres Bener Meriah, AKBP Deden Soemantri, S.I.K, Pabung Mayor Inf Samsir, Ketua MAG Jafaruddin, dan para pasangan calon Bupati Bener Meriah.

Dalam sambutanya, Muhtarudin mengatakan, kedatangan maskot ini bukanlah hal yang biasa, yang memiliki arti cukup mendalam bagi Aceh. Perjalanan panjang tentunya membutuhkan tantangan yang luar biasa, suatu perjalanan yang menorehkan banyak kesan.

”Kedatangan maskot Pilkada serentak kita maknai membangun jiwa raga masyarakat Aceh, serta kehadiran maskot ini merupakan rangkaian puncak Pilkada. Untuk itu kami akan menjaga dengan baik maskot ini,” kata Mukhtarudin.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pawai mengarak keliling Si Tambo yang dilakukan bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat, agar masyarakat semakin mengetahui bahwa Pilkada hanya tinggal menghitung hari lagi.
“Badannya tidak seberapa tapi ucapan yang terkandung di dalamnya banyak pesan. Pilihan boleh beda tapi kita tetap bersaudara,” ujar Ketua KIP Bener Meriah itu.

Sementara itu Plt. Bupati Bener Meriah, Drs Hasannudin Darjo dalam arahannya berharap Pilkada di Aceh ini berjalan aman, nyaman, dan kondusif, seperti makna yang ada pada maskot tersebut. Dia menyampaikan, tambo artinya genderang yang akan dimulainya genderang Pilkada.

”Siapapun yang nantinya terpilih menjadi pemimpin, baik di tingkat provinsi, maupun Kabupaten Bener Meriah, adalah pemimpin yang merupakan pilihan rakyat dan berkerja untuk rakyat guna membangun daerah,” ujar Darjo.
Dia menambahkan, dengan kehadiran maskot Si Tambo ini, KIP Bener Meriah serta Panwaslih untuk terus menjalin kerjasama saling komunikasi dan saling menyampaikan informasi.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada KIP Bener Meriah, yang telah menyambut kami dengan luar biasa, sangat mulia. Sungguh kami tidak menduga proses penyambutan ini dilaksanakan dengan secara adat dengan tepung tawar,” ujar Ir Ijuddin, dari KIP Tamiang.

Ia juga menyampaikan, KIP Bener Meriah mendapat giliran ke 11 menerima Si Tambo, dari Kabupaten Aceh Tamiang. Selanjutnya Si Tambo akan diserahkan KIP Bener Meriah ke KIP Aceh Tengah, akan berakhir di Sabang pada 28 Januari, di mana seluruh Komisioner KIP akan hadir di sana.
Saat diarak mengelilingi Bener Meriah, Si Tambo diiringi ketujuh pasangan calon dan puluhan mobil masing-masing pendukug. (mag-70/ara)