Anda Sering Lelah ????? Cek 5 Penyebabnya Di Sini

ilustrasi (ist)

Harianrakyataceh.com – Ada banyak alasan mengapa tubuh sering merasa lelah sepanjang waktu. Pulang dari kantor atau mengerjakan pekerjaan rumah sering membuat tubuh cepat capek. Ada lima hal yang memicu hal ini seperti dilansir Boldsky, Rabu (18/1).

1. Anemia

Kurang darah atau anemia bisa memicu seseorang cepat lelah. Hal ini disebabkan oleh kekurangan sel darah merah yang mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh. Lelah sepanjang waktu disertai dengan sakit kepala, kesulitan dalam berkonsentrasi, detak jantung cepat, susah tidur, adalah ciri-ciri seseorang mengalami anemia.

2. Gangguan Tiroid

Rasa lelah disebabkan karena kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan baik. Kelelahan disertai dengan rambut dan kulit kering, kuku rapuh, bengkak di bawah mata, suara serak, peningkatan denyut jantung, perubahan suasana hati, iritasi. Periksa ke dokter jika mengalami masalah ini.

3. Diabetes

Diabetes juga memicu seseorang mudah lelah. Rendahnya tingkat energi, cepat haus, sering buang air kecil, penglihatan kabur, penurunan berat badan mendadak menjadi tanda pemeriksaan kadar glukosa darah harus segera dilakukan.

4. Depresi

Saat stres atau depresi makan akan sulit tidur di malam hari. Selalu teringat kejadian di masa lalu, tak punya harapan dan putus asa sepanjang waktu. Tidak mau bersosialisasi dan membatasi diri. Coba agar meminta bantuan psikiater jika mengalami hal ini.

5. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 adalah vitamin yang sangat penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan tingkat energi. Kurangnya vitamin ini dalam tubuh menyebabkan kelelahan. Mengkonsumsi  suplemen sumber pangan alami seperti telur, ayam dan ikan baik untuk menambah energi. (cr1/JPG)