Museum Bawah Laut Pertama di Eropa Telah di buka

Mengunjungi museum ini memang tidak mudah. (Jason deCaires Taylor via CNN)

Harianrakyataceh.com – Sudah dua tahun dibikin. Dan akhirnya, museum bawah laut pertama di Eropa selesai. Berada di perairan kepulauan Lanzarote, Spanyol, museum itu hanya bisa diakses oleh penyelam, binatang laut, dan snorkeler. Nama, Museo Atlantico alias Museum Atlantis. Koleksinya terdiri atas 300 patung hasil karya seniman internasional Jason deCaires Taylor.

Bertebaran di kedalaman antara 12 sampai 15 meter di dasar laut Selat Las Coloradas, patung-patung hasil karya DeCaires Taylor diharapkan bisa menjadi bagian dari kehidupan laut. Patung-patung itu nantinya bakal menjadi tempat berkembang biak binatang laut.

Museum itu sebenarnya sudah dibuka untuk publik pada Maret 2016. Namun, sekarang pengunjung bisa melihat koleksi museum dengan lengkap. ”Ide utamanya adalah menjadi portal menuju dunia lain,” kata DeCaires Taylor. Karya DeCaires Taylor juga bisa ditemukan di museum bawah laut di Bahama, Mexico, dan Antilles.

Karya DeCaires Taylor dibikin dari bahan ramah lingkungan dan menggambarkan kehidupan sehari-hari manusia. Patung-patung tersebut juga bertema keperdulian pada masalah laut. ”Saya ingin menginspirasi orang untuk memahami laut dan ancaman yang dihadapinya,” katanya. Bagaimana? Tertarik mengunjunginya? Pergi ke Spanyol dulu ya.(CNN/tia)