Cetak Surat Suara, KIP Hemat Rp 1,1 Miliar

ACEH UTARA (RA)- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara, menyatakan, untuk mencetak surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh Utara, pada 15 Februari 2017, mampu menghemat anggaran hingga Rp 1,1 miliar dari total dana Rp 1,5 miliar.

Demikian disampaikan Sekretaris Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara, Hamdani, yang dikonfirmasi Rakyat Aceh, kemarin. Dia mengatakan, jumlah surat suara yang dicetak sesuai dengan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) sebanyak 420.480 pemilih dan ditambah 2,5 persen sebagai surat suara cadangan.

“Awalnya, kita anggarkan untuk pengadaan surat suara seharga Rp 3.000 perlembar. Tapi karena e-katalog maka pengadaan itu cukup murah dan bisa hemat Rp 2.700 perlembar. Ya ada sekitar Rp 1,1 miliar lebih dananya kita kembalikan kas daerah,”ucap Hamdani.

Sebut dia, surat suara yang dicetak dengan e-kalatog itu kualitasnya tidak perlu diragukan, karena kertasnya sesuai standar.”Baru-baru ini saat kita ke Surabaya langsung menandatangani kontrak dengan PT Enka Parahi Yangan tanpa tender untuk mencetak surat suara tersebut seharga Rp 320 perlembar,”jelasnya.

Selain itu, sambung dia, surat suara Pilkada Aceh Utara, sudah selesai dicetak dan saat ini masih dalam tahapan pengiriman ke Aceh Utara. Ditargetkan paling lambat pada 25 Januari mendatang, semua surat suara itu sudah sampai ke Kantor KIP Aceh Utara. Kemudian, setelah sampai pihak akan melakukan sortir dan pelipatan surat suara sebelum didistribusikan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 852 gampong dari 27 kecamatan. (arm/min)