Putus Pasokan untuk Tingkatkan Produksi Ikan Tawar

TINGKATKAN PASOKAN: Balai Benih Ikan dipacu untuk meningkatkan produksi pasokan ikan tawar yang selama ini dipasok dari luar Daerah, Gayo Lues, Jumat (20/1). BAMBANGA YUDI/RAKYAT ACEH

BLANGKEJEREN (RA) – Kadis Pangan dan Perikanan Gayo Lues Sukri SP.MM menandaskan, untuk meningkatkan produksi, Balai Benih Ikan (BBI) mereka telah memutus pasokan ikan tawar yang selama ini dipasok dari luar daerah. Kepada Rakyat Aceh, Jumat (20/1), Kadis baru seminggu diangkat ini sangat optimis bisa memutuskan ketergantungan ikan air tawar dari luar daerah. “Selama ini pasokan ikan tawar perhari ke Gayo Lues mencapai 2 ton. ikan sebanyak itu berjenis mujair nila dan ikan mas.”

Disebutkan, dalam meningkatkan produksi ikan daerah, selama ini pihaknya menemui banyak masalah. Diantaranya produksi benih masih kurang karena keberadaan dua BBI yaitu Aih Selah dan Aih Sejuk belum bisa berproduksi maksimal. Beberapa fasilitas kolam mengalami kerusakan.
“Sementara minat masyarakat dalam mengembangkan ikan tawar belum memadai. Masyarakat mengembangkan ikan tawar masih sekedar memenuhi kebutuhan pribadi,’ terangnya.

Kedepan pihaknya akan lebih meningkatkan produksi ikan tawar di BBI Aih dengan menambah 5 unit kolam air deras. Setiap BBI bila dimaksimalkan bisa menghasilkan ratusan ribu benih sekali pemijahan. “Dalam setahun kita bisa 3 kali pemijahan. Ini bisa mengatasi kekurangan ikan di Gayo Lues.”
Untuk memotivasi masyarakat, ujarnya lagi, pihaknya akan memberikan bantuan benih ikan dan sekaligus memberikan pakannya. Mereka akan monitor perkembangannya. “Bila dalam satu tahun kita akan seleksi peternak ikan yang berhasil. Dengan program ini saya rasa kita bisa mengurangi pasokan ikan dari luar daerah serta meningkatkan penghasilan para peternak ikan di Gayo Lues,’ pungkasnya. (yud/min)