Surat Suara Sesuai DPT

ILUSTRASI

3.521.020 lembar ditambah 2,5 persen cadangan

BANDA ACEH (RA) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mencetak surat suara yang akan digunakan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan atau sebanyak 3.521.020 lembar.

“Surat suara yang dicetak sejumlah (sesuai) DPT dan ditambah 2,5 persen,” kata Wakil Ketua KIP Aceh, Basri M Sabi pada Rakyat Aceh, Senin (23/1).Basri mengatakan, penambahan dua persen setengah surat suara tersebut merupakan cadangan dan dilakukan berbasis TPS seluruh Aceh.

“Dua persen setengah tersebut diberikan berbasis DPT per TPS. Maksudnya setiap TPS akan ditambah dua persen setengah bukan secara global (keseluruhan),” katanya.Ia menambahkan, proses cetak surat suara ini dilakukan dengan aturan yang berlaku yakni melalui tahapan lelang yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dengan mitra kerjanya.

“Dilakukan melalui e-catalog yang dilelang oleh KPU RI dengan LKPP RI. Surat suara ini dicetak di Bekasi, Jawa Barat,” sebutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, biaya cetak surat suara tersebut tidak menelan biaya yang terlalu besar, karena dilakukan melalui lelang sehingga lebih efisien.”Biaya kontrak cetak dan distribusi tidak mencapai satu miliar, karena dilelang melalui e-katalog oleh LKPP,” ujarnya.

Ia menyebutkan surat suara tersebut dibawa ke Aceh dari Bekasi melalui jalur darat dan dikawal oleh pihak kepolisian. Logistik Pilkada ini langsung diantar dan ditempatkan di kantor KIP masing-masing kabupaten/kota. “Sudah mulai didistribusikan. Ada masih dalam perjalanan,” katanya.(mag-68/mai)