Warga mencari sisa barang di roko yang habis terbakar, di Blang Jrat, Nisam Antara, Senin (23/1). IDRIS BENDUNG/RAKYAT ACEH

ALUE DUA – Asap mengepul mengejutkan ratusan warga Gampong Blang Jrat, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara, Senin (23/1). Asap tebal berasal dari ruko membakar tempat jualan didiami Zainuddin.Peristiwa dipagi hari itu, si jago merah dengan cepat melahap tiga rumah notabonenya sekaligus dijadikan tempat jualan berubah rata menjadi abu. Walau pun satu unit mobil pemadam kebakaran datang dari Kecamatan Muara Batu, Krueng Mane.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, tiga ruko didiami Zainuddin, Tarmizi dan Sudirman hangus. Kerugian sementara dilaporkan mencapai Rp 600 juta. Nilai kerugian itu, tidak terlepas para korban juga membeli komoditi milik masyarakat seperti pinang, coklat dan lainnya.

Pihak aparat keamanan beserta masyarakat setempat , sebelumnya dengan sigap ikut membantu memadamkan api. Hanya sayang, tak satu barang dagangan dan harta benda dari tiga korban kebakaran yang berhasil diselamatkan. “Api dengan cepat membakar satu persatu bangunan ruko kayu itu,” ujar Sabri Geuchik Blang Jrat kepada Rakyat Aceh.

Camat Nisam Antara, Irsyad. S.Sos bersama Geuchik Blang Jrat, Sabri saat berada di TKP menyebutkan kebakaran terjadi sekira pukul 07.15 WIB. Diduga api berasal dari meteran listrik yang meledak. “Memang dalam beberapa hari ini meteran listrik rumah Zainuddin sudah berbunyi. Ya, itu meteran yang meledak,” kata Sabri lagi.

Dari peristiwa itu juga, ulang Sabri, satu rumah berkontruksi beton terpaksa dirusak sebagian guna mencegah api menjalar. Pukul 09.20 WIB, pemilik bersama warga terus mencoba mencari harta benda yang mungkin masih tersisi dipuing-puing bangunan yang telah menjadi abu. Sementara itu, petugas sosial kecamatan telah melaporkan peristiwa ini ke kabupaten guna memperoleh bantuan masa panik bagi korban. (ung)