Drainase Kota Lhokseumawe Masih Buruk

BANJIR: Genangan air diruas jalan Kota Lhokseumawe akibat hujan deras pada Senin malam. AGUSTIAR/RAKYAT ACEH

LHOKSEUMAWE (RA) – Sejumlah ruas jalan di Kota Lhokseumawe kerap tergenang saat hujan turun. Kurang baiknya drainase di beberapa ruas jalan diduga penyebab genangan yang mengganggu pengguna jalan dan aktifitas perdagangan.Seperti halnya terjadi Senin malam (23/1). Hujan mengguyur Kota Lhokseumawe terbilang lumayan deras dan lama. Sehingga beberapa kawasan di Pasar Lhokseumawe tampak tergenang. Ketinggian genangan bisa mencapai selutut orang dewasa.

Lokasi kerap terendam, yakni di jalan Perdagangan serta jalan Perniagaan serta beberapa ruas jalan lainnya. Untuk lokasi pasar, genangan memang sering terjadi meski hujan hanya berlangsung selama satu jam lebih.“Lokasi sering terendam dan sangat mengganggu yakni Jalan Perdagangan di Simpang Palapa, serta jalan Perniagaan. Genangan juga sangat lumayan tinggi, dapat mengganggu arus lalu lintas,”ucap Bambang warga Lhokseumawe.

Kerapnya terjadi genangan di seputaran Kota Lhokseumawe dibenarkan oleh seorang pedagang. Kondisi tersebut sangat mengganggu, karena air sering merembes masuk ke dalam toko. Sehingga mereka harus membersihkan jika usai genangan surut.“Saat terjadi genangan, air sering merembes masuk toko. Apalagi kalau jalanan dilalui oleh kendaraan. Dampak lainnya tentu dagangan kami sepi pembeli. Sebab pelanggan enggan berhenti di tengah genangan,”ucap Fazir salah seorang pedagang.

Pantauan wartawan koran ini, genangan yang terjadi memang cukup dalam. Sehingga banyak kendaraan yang berbadan rendah kadang harus memutar kembali arah perjalanan. Jika nekad, tentu harus siap basah ataupun kendaraan mogok di tengah genangan. Bahkan, banyak pengendera sepeda motor, banyak yang harus mendorongnya. Sebab khawatir terjatuh ataupun mogok di dalam genangan.

“Kondisi ini terjadi karena saluran sekitar sangt sempit dan kecil. Sehingga tidak mampu menampung jumlah air yang turun akibat hujan deras. Untuk itu kami meminta Pemko Lhokseumawe dapat memperbaiki saluran sekitar. Sehingga genangan tidak lagi terjadi di Kota Lhokseumawe,”ungkap pedagang tersebut. (agt/arm/min)