Dinas Siap Tangani Jalan Kupak-kapik

JALAN RUSAK: Badan jalan yang menghubungkan beberapa gampong di Kemukiman Kuta Batee, Kecamatan Meurah Mulia rusak parah, Aceh Utara, Kamis (26/1) ARMIADI/RAKYAT ACEH

MEURAH MULIA (RA) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Aceh Utara, Edi Anwar, mengatakan akan langsung menangani kerusakan jalan kupak kapik di Kemukiman Kuta Batee, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, kini dalam kondisi kupak-kapik. “Kalau dalam tiga hari ini tidak hujan, kemungkinan besar kita langsung turun untuk mengrader jalan yang rusak itu,”ucap Edy Anwar saat dihubungi Rakyat Aceh, Kamis (26/1).

Namun, dia juga meminta kepada camat untuk berperan aktif melaporkan kepada dinas setiap ada kerusakan jalan yang diperlu ditangani segera. “Saat ini kita juga sedang menangani beberapa kerusakan jalan dengan grader seperti di Panton Labu dan Baktiya,”ungkapnya.Sepanjang 3 kilometer badan jalan menghubungkan sejumlah gampong di Kemukiman Kuta Batee, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, kini dalam kondisi kupak-kapik. Ribuan masyarakat setiap hari melewati jalan tersebut menuju ke ibukota Kecamatan Meurah Mulia.

Jalan itu berada ditengah bentangan areal sawah milik petani. Banyak lubang-lubang besar dijumpai sepanjang jalan, sehingga menyulitkan pengguna jalan. Baik berkenderaan roda dua maupun roda empat dan yang paling sayangkan saat dilewati oleh anak-anak sekolah dengan sepeda.

“Dalam setahun terakhir ini, ada sejumlah anak sekolah yang terjatuh kedalam lubang jalan itu hingga membuat baju seragam mereka kotor. Pemerintah harus cepat tanggap untuk memperbaiki kerusakan jalan tersebut,”ucap Zakir (32) warga setempat, kepada Rakyat Aceh, kemarin.
Kata dia, jalan sekitar 3 kilometer itu selama ini menjadi jalur transportasi utama masyarakat menghubungkan sejumlah gampong di Kecamatan Meurah Mulia.

“Kalau kita lihat kondisi jalan seperti ini, Meurah Mulia belum merdeka dalam bidang infrastruktur jalan,”cetusnya. Wakil Ketua DPR Kabupaten Aceh Utara, Abdul Mutaleb, yang dikonfirmasi Rakyat Aceh, kemarin, juga membenarkan, kerusakan jalan di Kemukiman Kuta Batee. Pemerintah Aceh Utara, melalui dinas terkait harus cepat menangani kerusakan jalan tersebut.

“Minimal jalan itu ditimbun dulu pada lubang-lubang besar dan digrader, sehingga jalannya bisa dilewati oleh masyarakat,”harap politisi Partai Aceh ini, seraya menambahkan, kalau jalan itu dibiarkan begitu saja maka akan mengancam keselamatan jiwa pengguna jalan. Apalagi, banyak anak-anak sekolah dan masyarakat yang menggunakan jalan tersebut sebagai jalur transportasi utama. (arm/min)