Pelatihan Midwifery Update Bidan Harus Punya Inovasi Bekerja

PELATIHAN: Bidan dari seluruh ranting Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bireuen dan rumah sakit umum, mengikuti pelatihan midwifery update digelar IBI Bireuen, Jumat, (27/1). RAHMAD HIDAYAT/RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Sebanyak 50 bidan dari seluruh ranting Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bireuen dan rumah sakit umum, mengikuti pelatihan midwifery update mulai Jumat-Minggu (27-29/1) digelar IBI Bireuen dibuka Kepala Dinas Penanaman Modal, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kerja Mikro, Jumat (27/1) pagi di aula penginapan Djarwal.

Ketua IBI Bireuen Eli Sapri, S.SIT mengatakan, pelatihan wajib dan mutlak harus diikuti anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bireuen itu bertujuan memenuhi upaya profesi bidan dalam menjaga mutu, peningkatan kemampuan dan keterampilan. Sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan berkualitas terhadap kesehatan ibu, bayi, balita, kesehatan reproduksi.

“Selain itu pelatihan midwiferi update merupakan syarat mutlak dan wajib diikuti anggota IBI akan melakukan re-sertifikasi kompetensi dan re-regestrasi,’ ujar Eli Sapri. Pelatihan digelar secara bertahap kepada seluruh tenaga profesi bidan di Bireuen, sebanyak 50 orang per-angkatan. Bidan di Bireuen terdaftar 1.259 orang dan yang aktif 859 orang yang lain bidan baru lulus dan bidan tidak aktif di pemerintahan serta bidan mandiri diwilayah masing-masing, terang ketua IBI.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kerja Makro Bireuen, Darwansyah saat membuka pelatihan bidan itu diantaranya mengharapkan agar bidan punya inovasi dalam bekerja dan tidak saja mengetahui perkembangan ibu hamil, bayi dan balita. Tetapi juga ikut ambil andil dalam mengusulkan program pembangunan bidang kesehatan di gampong.

Bidan perlu dilibatkan dalam rapat pembangunan di desa sehingga bisa memberikan masukan seperti untuk tingkatkan kebersihan sanitasi lingkungan seperti penanggulangan nyamuk melalui dana desa nantinya dapat dibangun Saluran Pembuang Air Limbah (SPAL) dan Jamban Keluarga (Jaga) juga hal penting lainnya. (rah/min)