PERSIAPAN: KIP Meulaboh membersihan kotak suara sebagai persiapan pencoblosan 15 Februari di KIP Aceh Barat, Rabu (2/1). FOR RAKYAT ACEH

TAPAKTUAN (RA) – Dari 157.090 surat suara Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh diterima KIP Aceh Selatan, 71 lembar diantaranya rusak, tidak bisa digunakan pada hari pemungutan suara 15 Februari 2017.

Berdasarkan keterangan disampaikan Komisioner KIP Aceh Selatan Saiful Bismi, SE, kerusakan puluhan surat suara diketahui saat dilakukan penyortiran oleh petugas. “Hasil penyotiran dan pelipatan yang dilakukan KIP Aceh Selatan pada Minggu sampai Senin (29-30 Januari 2017), ditemukan 71 lembar surat suara rusak. Sehingga tidak dapat digunakan untuk pencoblosan pada Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Aceh,” kata Saipul Bismi, SE yang membidangi Divisi Keuangan dan Logistik.

Menurut Saiful Bismi, kerusakan surat suara, diduga saat proses percetakan, diantaranya mengalami sobek dan tidak tertera ruang tandatangan PPS. Temuan ini dibuat berita acara agar jumlah suara suara sinkron.Namun jumlah surat suara yang rusak tidak terlalu signifikan. Insya Allah sisa yang utuh mampu mencukupi jumlah pemilih.

“Surat suara utuh dari jumlah dikirimkan menjadi 157.019 lembar ini disiapkan untuk 153.073 pemilih di kabupaten Aceh Selatan. Nantinya akan didistribusikan ke 260 PPS yang memiliki 391 TPS di 18 kecamatan,” ujar Saiful. Untuk memastikan jumlahnya, kami melakukan perhitungan ulang sebelum didistribusikan. Pendistribusian logistik Pilkada 2017 ke masing-masing PPS dan TPS direncanakan pada hari Senin-Selasa (13-14 Februari 2017).

Nantinya saat proses distribusi, diutamakan ke wilayah jauh atau daerah pedalaman. Sedangkan untuk wilayah yang mudah terjangkau, dijadwalkan pada hari kedua. “Kita berharap semua pihak berpartisipasi dalam mensukseskan Pilkada Gubernur damn Wakil Gubernur Aceh priode 2017-2022,” harap Saiful sambil menutup pembicaraan. (dir/slm)