Ribuan Surat Suara Bupati Acut Rusak

BERI ARAHAN: Ketua KIP Bireuen, Mukhtaruddin,SH,MH memberikan arahan saat membuka bimbingan teknis pemungutan dan perhitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Bupati dan Wakil Bupati 2017 di Aula Setdakab Lama Bireuen, Sabtu (4/2). RAHMAT HIDAYAT/RAKYAT ACEH

ACEH UTARA (RA) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara, menemukan 1.068 lembar surat suara bupati/wakil bupati Aceh Utara, dalam kondisi rusak. Temuan itu diketahui saat proses sortir dan pelipatan surat suara oleh petugas beberapa hari lalu.

Hal itu disampaikan Sekretaris KIP Aceh Utara, Hamdani, yang dikonfirmasi Rakyat Aceh, kemarin, mengatakan, surat suara rusak itu telah disimpan dalam satu kardus yang tersegel. “ Kita sudah buat rapat koordinasi antara Panwaslih bersama tim pengamanan terhadap kerusakan surat suara,”ucap Hamdani, Ahad (5/2).

Sebut Hamdani, terhadap kerusakan itu juga sudah dilaporkan kepada percetakan di Jawa Timur, untuk dicetak ulang sesuai yang dibutuhkan. Sementara bentuk kerusakan itu, ada yang tembus warna, bercak cat, sobek dan ada seperti tercoblos.

Sedangkan, proses pelipatan surat suara bupati/wakil bupati sudah selesai dilakukan, sejak tiga hari lalu. Begitu juga terhadap proses pelipatan surat suara gubernur/wakil gubernur telah selesai. “Logistik surat suara itu kini masih disimpan di Kantor KIP Aceh Utara, sebelum didistribusikan kepada 27 kecamatan menjelang Pilkada 15 Februari mendatang,”ungkapnya.

Selain itu, sambung dia, untuk logistic kotak dan bilik suara telah didistribusikan kepada 27 kecamatan yang disimpan dikantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). (arm/min)