Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

Uncategorized · 7 Feb 2017 04:12 WIB ·

Aryos Nivada: Nomor Satu Kuasai Debat


 Rakyat Aceh Perbesar

Rakyat Aceh

Banda Aceh (RA) – Pasangan calon walikota Banda Aceh nomor urut 1 Illiza Sa’aduddin Djamal-Farid Nyak Umar dinilai lebih menguasai panggung sekaligus materi, baik yang ditanyakan oleh panelis maupun pertanyaan yang diajukan oleh lawan.

Hal itu disampaikan pengamat politik Aceh Aryos Nivada, usai debat kandidat Walikota Banda Aceh periode 2017-2022 di Taman Budaya Banda Aceh, Senin (06/01).
Aryos mengatakan, pasangan calon nomor satu lebih kuat secara subtansi ketimbang pasangan calon nomor dua, hal itu menunjukkan paslon walikota nomor dua belum menguasai materi secara maksimal.

“Begitu juga dengan komunikatif terlihat sekali pasangan nomor satu lebih unggul dibandingkan paslon nomor dua, dan itu menjadi pelajaran bagi pasangan nomor urut dua bahwa mereka juga bisa komunikasi di atas panggung,” ujarnya.

Aryos juga punya beberapa catatan, pertama dalam hal penguasaan materi terlihat sekali, paslon nomor satu jauh lebih unggul dibandingkan paslon nomor dua.

Bahkan beberapa pertanyaan yang ditanyakan paslon satu tidak bisa dijawab, seperti pertanyaan tentang anti kepemimpinan perempuan, walaupun paslon satu sudah menjelaskan secara detail, tapi hal itu tidak bisa dijawab oleh paslon dua.

“Hal lain yang juga saya catat adalah proses komunikatif ada di paslon nomor satu, bagaimana kita melihat pertanyaan mereka jawab sesuai dengan yang dilontarkan panelis, tapi kalau nomor dua terlihat beda jawaban dengan pertanyaan,”ujarnya.

Kuasai Semua Lini

Sementara itu pengamat olahraga Aceh, Khaidir TM mengaku cukup terharu dengan penampilan paslon nomor urut satu, Illiza-Farid karena punya konsep bagus untuk olahraga khususnya sepakbola, terutama lagi menyangkut dengan Persiraja Banda Aceh, sehingga ke depan Persiraja betul-betul professional.

“Debat hari ini cukup bermakna, semua lini dikuasai kandidat nomor satu, baik dari pertanyaan maupun jawaban, mereka sangat menguasai, kalau nomor dua jawabannya meleset dari pertanyaan panelis, ini terlihat wawasan dan pendidikan mereka beda jauh,” lanjut Khaidir yang juga sekretaris PSSI itu.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Empat Putra Terbaik Pidie Mendaftar ke GERINDRA Menjadi Cagub Aceh, Muhammad Nazar Tampil Cermelang dalam Presentasi Visi-Misi

13 June 2024 - 20:06 WIB

Pj Ketua PKK Aceh Belanja Sajian Dapur di Pasar Tani

13 June 2024 - 19:17 WIB

Peringati Milad ke 55, IAIN Lhokseumawe Gelar Rangkaian Kegiatan

12 June 2024 - 10:26 WIB

Pj Bupati Iswanto Dampingi Pj Gubernur Aceh Tinjau Venue PON Paralayang di Sibreh

7 June 2024 - 20:07 WIB

Warga Krueng Raya Nikmati Pasar Khusus Jelang Idul Adha, 400 Kupon Laris Manis

6 June 2024 - 19:22 WIB

29 May 2024 - 20:10 WIB

Trending di Uncategorized