Para pekerja PT.Sabang Geotermal Energi di peusijuk sebagai tanda dimulainya pengeboran perdana PLTP Jaboi/ist/Ra
SABANG (RA) – Plt Walikota Sabang Zulkifli HS mengatakan, dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Sabang dipastikan akan membawa dampak besar terhadap minat investor untuk berinvestasi di Sabang.
Karena kebutuhan listrik itu merupakan salahsatu kebutuhan atau menjadi syarat utama yang diminta para pengusaha sebelum melakukan investasi.
“Bagaimana investor berani berinvestasi kalau kebutuhan listrik  saja belum memadai, mereka tetap melibat kebutuhan liatrik yang bakal diperlukan sebelum melakukan iventasi, karena kalau  listrik untuk masayarakat saja tidak cukup ataupun daya yang dibutuhkan mereka tidak mencukupi tentunya, investor tidak akan berani melakukan inventasi,” kata Plt Walikota Sabang Zulkifli HS saat acara kenduri syukuran pengeboran perdana mega proyek Energi Listrik Panas Bumi Jaboi, di Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Jumat (3/1).
Turut hadir dalam acara pengeboran perdana terbuat,  dua calon Walikota Sabang, Zulkifli H Adam dan Nazaruddin, dan para unsur Muspida/Muspida Plus serta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kota Sabang.
Menurutnya, proyek inergi pemebangkit listrik panas bumi, yang dibangun ini merupakan rahmat dari Allah SWT. Untuk itu diharapkan kepada semua pihak agar, mendukung dan saling menjaga supaya pelaksanaannya dapat berjalan lancar.
Pembangunan sumur panas bumi atau yang disebut LMS11-1 ini, terwujud berkat kerja keras pemerintah daerah selama ini. Untuk berdirinya pembangunan tersebut, tidaklah mudah karena membutuhkan anggaran yang sangat besar, Sabang mendapat rahmat dari Allah SWT sehingga mega proyek ini terbangun.
“Jadi, jelas bahwa terwujudnya pembangunan energi listrik panas bumi ini tidak mudah, dan hasilnya nanti juga akan dirasakan bukan untuk wilayah Sabang saja, tetapi juga akan mengalir sampai ke masyarakat daratan Aceh. Untuk itu diharapkan kepada semua pihak, kiranya mendukung dan menjaga proses pembangunannya hingga selesai nanti, “kata Zulkifli Hasan.
Lebih lanjut dikatakan, Sabang sebuah pulau yang diciptakan Allah SWT, sebagai pulau terindah dengan biodata lautnya dan potensi alam yang melimpah. Namun, selama ini investor yang berinvestasi masih belum ada yang seirus, hal itu salah satunya adalah kurangnya energy listrik.
Makanya, dengan hadirnya energy listrik panas bumi berdampak positif menghadirkan pengusaha untuk berinvestasi di Sabang sesuai dengan usaha dan bisnisnya masing-masing.
Sementara itu, Direktur PT.Sabang Geotermal Energi (SGE) Sayogi Sudarman, selaku pelaksana pengoboran proyek energy panas bumi Jaboi kepada wartawan mengatakan, proyek tersebut dikerjakan beberapa dalam beberapa tahapanak.
Untuk tahap pengoboran pertama dimulai awal bulan ini dan untuk satu pengoboran dibutuhkan sekitar 20 hari kerja.
Pembangkit lintrik panas bumi (PLTP) Jaboi, akan menghasilkan sekitar 80 mega watt dengan biaya sekitar 4,5 juta dolar US pertitik. Dan lokasinya juga bukan hanya sekitar lingkungan yang kini dikerjakan, tetapi sesuai perencanaan akan sampai ke Gunung Keris.
“Untuk tahap pertama kita akan berusaha proses pembangunannya secepat mungkin, mudah-mudahan dengan doa-doa mesyarakat Sabang, pembangunannya dapat berjalan lancar serta berhasil seperti yang kita harapkan,”kata Proyogi yang turut didampingi Dirut PT. Taruma Aji Kharisma (TAK)  Yusaq.(han)