Bertemu Usai Kampanye Massa Pendukung Bentrok

ADU JOTOS: Kerumunan massa saat terjadi adu jotos antar pendukung Paslon Bupati dan Wabup di pasar Kampung Aie, kecamatan Simeulue Tengah, Selasa (7/2). AHMADI/RAKYAT ACEH

SIMEULUE (RA) – Pendukung dari dua kubu Paslon Bupati dan Wabup di Simeulue, terlibat adu jotos di pasar ibukota Kecamatan Simeulue Tengah. Insiden bentrok fisik antar kubu massa pendukung Paslon nomor urut 1, Riswan NS dan Hamdan Amin dan Paslon nomor urut 3, Erli Hasim dan Afridawati tersebut, bermula terjadi kesalahpahaman sehingga berujung adu jotos, selama kurang dari 5 menit.

Beruntung adu jotos itu tidak berkepanjangan, setelah masyarakat dan petugas mengamankan para pelaku yang terlibat dalam insiden itu diboyong ke Mapolres Simeulue, untuk dimintai keterangan. “Itu murni karena kesalahpahaman saja, sehingga terjadi insiden saling pukul antara pendukung dua paslon, dan saat ini masih dalam proses penyelidikan dan sejumlah saksi sedang dimintai keterangan,” kata Kapolres AKBP Satya Yudha Prakasa, Rabu (8/2).

Adu jotos antar dua kubu paslon itu, berlangsung di pasar lokal Desa Kampung Aie, Kecamatan Simeulue Tengah, sekitar pukul 18.10 WIB, Selasa (7/2). Namun dapat diatasi aparat gabungan dari Polsek dan Koramil setempat, sehingga tidak ada yang terluka. “Kejadiannya, hampir menjelang salat magrib, personil kita dibantu personil Koramil, kita langsung memisahkan dan membawa korban maupun pelaku ke Polsek dan seterusnya kita kirim ke Polres dan tidak ada yang terluka,” kata Ipda Lukman, Kapolsek Simeulue Tengah.

Danramil Simeulue Tengah, Kapten Arm Diantoro menyatakan antisipasi supaya tidak meluas dan tidak bertambah rusuh pihaknya langsung turun ke lokasi. “Meredam dan memisahkan kedua belah pihak, kemudian ada yang kita giring ke Polsek dan kita giring untuk pulang,” katanya.

Informasi yang berhasil dihimpun, insiden adu jotos terjadi saat kedua massa pendukung Paslon hendak pulang setelah melaksanakan kampanye terbuka di Kecamatan Simeulue Cut dan Kecamatan Salang.

Saat pendukung Paslon nomor urut 1, sedang istrahat di pasar Kecamatan Simeulue Tengah, melintas iring-iringan massa pendukung Paslon nomor 3, yang juga hendak pulang.Massa kedua pihak lantas saling mengacungkan jari sesuai nomer urut pasangan jagoannya. Hingga terjadi selisih paham dan kondisi memanas hingga berujung adu jotos.(ahi/mai)