Pertama di Indonesia Aceh Jaya Luncurkan Layanan Kesehatan Hingga ke Rumah

PELAYANAN KESEHATAN: Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman mendampingi tenaga medis saat memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Gampong Krueng Tho Kecamatan Darul Hikmah, Aceh jaya, Rabu (8/2). HENDRA SAYENG/RAKYAT ACEH

Calang (RA) – Sebuah terobosan pertama di Indonesia, memastikan kesehatan warga dengan mengecek langsung ke rumahnya. Langkah itu dicetuskan Bupati Ir Azhar Abdurrahman dalam meningkatkan derajat kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Jaya, Ernani Wijaya saat peluncuran pelayanan kesehatan ke rumah-rumah menyatakan, program tersebut sesuai Perbub no 58 dirancang sejak November 2016. Pihaknya terus sosialisasi ke setiap Puskesmas-puskesmas yang ada.

“Program kesehatan holistik dalam melakukan rehabilitasi, serta dalam mengenal seluruh pasien dalam melakukan pertolongan bagi para medis,” sebutnya, Rabu (8/2).
Menurutnya pelayanan ini bersifat aktif, memberikan pelayanan untuk orang tua yang tidak mampu ke puskesmas. Layanan ini dapat meningkatkan hubungan pasien dan tenaga medis.

Nantinya akan dilakukan monitor dan evaluasi terutama dalam memberikan pelayanan ibu hamil, ibu nifas berisiko serta yang sudah mengalami ganguan jiwa. Selain itu kejadian gawat darurat warga dapat memanggil tim medis.

Ia menyebutkan, bupati akan memberikan penghargaan untuk tenaga medis yang dinilai bekerja baik. “Baik itu kenaikan pangkat bagi PNS, serta bagi tenaga bakti langsung diberikan SK Kontrak oleh Bupati,” jelasnya.

Sementara Bupati Aceh Jaya Ir Azhar Abdurrahman dalam kegiatan peluncuran layanan kesehatan ke rumah–rumah, menyatakan program itu pilot project. Fokusnya pada orang tua yang telah uzur yang terkena penyakit akut, serta para ibu hamil. Pelayanan ini merupakan sebagai bentuk pencegahan sebelum melakukan rujukan.

“Dalam mencegah dan mengurangi persoalan rujukan serta pelayanan ini dapat dirasakan untuk semua kalangan,” sebut Azhar.

Azhar menambahkan dalam melakukan terobosan inovasi ini, tanpa harus mengeluarkan anggaran yang besar. Program ini sendiri akan bergulir ke setiap puskesmas dan akan terus bertambah tenaga medisnya.

Ia menyebutkan, sebelumnya di bidang pendidikan para siswa telah mendapatkan layanan Aceh Jaya Cerdas. Pemerintah juga telah menjalankan program tunjangan lansia, serta listrik gratis.

“Program kesehatan ke rumah-rumah ini program di bidang kesehatan yang pertama,” kata Azhar.

Sementara Ketua DPRK Aceh Jaya Musliadi Z, sangat mengapresiasi program tersebut. Pihaknya akan memberikan dukungan sepenuhnya, apalagi ini merupakan program pertama di Indonesia. “Maka dengan adanya program tersebut masyarakat dapat menikmati kesehatan,” sebutnya.(***)