Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 9 Feb 2017 12:28 WIB ·

Terbawa Angin Prajurit Kopassus Tewas


 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Foto: dokumen JPNN.Com Perbesar

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Foto: dokumen JPNN.Com

Harianrakyataceh.com – Dua anggota Korps Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dari Satuan 81 Gultor Cijantung, Jakarta Timur,  mengalami musibah.Keduanya adalah Sersan Satu (Sertu) Danang Kusuma Wardani dan Serda Beny Buana Yuda. Keduanya terjatuh di perairan Laut Jawa, sekitar Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, saat berlatih terjun payung bebas.

Korban Sertu Danang Kusuma Wardani ditemukan tewas setelah sempat hilang dan dilakukan pencarian. Sedangkan, Serda Beny selamat. Beny yang jatuh di perairan Dermaga Nusantara ditolong seorang nelayan.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Semarang, jasad Danang yang ditemukan kemarin (8/2) sekitar pukul 06.00 sudah tidak bernyawa.

Namun, tubuhnya yang terempas ombak di pinggir Pantai Cipta masih utuh. Penemuan jenazah Danang bermula ketika petugas gabungan melanjutkan pencarian pada Rabu sekitar pukul 05.00.

Pencarian melibatkan 27 anggota TNI dengan menggunakan 3 LCR. Juga menyusuri jalur darat dengan menyisir sepanjang Pantai Marina dan Pantai Cipta.

Sekitar pukul 06.00, berkisar 2 km dari lokasi, tiga personel yang melakukan penyisiran menemukan tubuh korban terempas ombak di pinggir Pantai Cipta.

Saat diperiksa, Danang sudah tidak bernyawa. Temuan tersebut kemudian disampaikan kepada anggota yang melakukan pencarian, termasuk tim medis.

Pukul 06.45 jenazah Danang dievakuasi dengan mobil ambulans menuju Rumah Sakit Tentara (RST) Wira Tamtama Kodam IV/Diponegoro.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Dwi Endro Sasongko mengungkapkan, setelah disemayamkan di RST Wira Tamtama Kodam IV/Diponegoro, jenazah Danang dibawa ke kampung halamannya Desa Brosot, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta, untuk dimakamkan.

“Pemakamannya Kamis besok (hari ini, 9/2, Red) di Kulon Progo,” katanya. Kepala Basarnas Jateng Agus Haryono menyatakan, saat dtemukan, tubuh Danang utuh dan masih mengenakan seragam PDL (pakaian dinas lapangan)

Agus mengungkapkan, pencarian terhadap korban sempat mengalami kendala cuaca ekstrem dan sempat dihentikan sementara.
“Kondisi gelombang air laut tinggi mencapai 2 meter ditambah angin kencang dan hujan deras. Makanya, kemarin dihentikan sebentar, karena kalau kita paksakan, perahu bisa terbalik,” ujarnya.

Petaka menimpa Danang ketika berlatih terjun payung bersama sembilan anggota lain dengan menggunakan pesawat heli Mi-17 milik TNI kuadron 31 Serbu Penerbad Semarang pada Selasa (7/2) sekitar pukul 07.30.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi menyatakan, dua anggota tersebut berlatih terjun bebas mulai pukul 07.15.

“Kebetulan di sini ada latihan personel Kopassus dari Jakarta yang sedang melaksanakan kegiatan pemeliharaan kemampuan privol atau terjun bebas militer. Ini latihan rutin yang sudah terprogram tempatnya di mana, hari apa, dan berapa lama,” ungkapnya saat ditemui di lokasi pencarian kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Jaswandi menuturkan, saat tim tersebut berangkat melaksanakan kegiatan, cuaca masih normal. Namun, setelah mereka mengudara dan saat melompat, ada satu perubahan arah angin serta kecepatan angin yang semakin tinggi dan terjadilah musibah itu. (mha/aro/c10/ami/jpnn)

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kapolres Nagan Raya akan Tindak SPBU Nakal yang Rugikan Masyarakat

29 March 2024 - 12:05 WIB

Safari Ramadhan, Tim Pemerintah Aceh dan Pj Bupati Iswanto Sambangi Masjid Syuhada Neuheun

29 March 2024 - 11:47 WIB

Wakili Penjabat Gubernur Aceh, Asisten III Hadiri Undangan Peresmian Masjid Budhe Aqsa

29 March 2024 - 10:16 WIB

Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Cek Sejumlah SPBU di Gayo Lues

28 March 2024 - 22:25 WIB

Dirlantas Polda Aceh bersama IMBI Bagikan Takjil dan Beras kepada Pengendara

28 March 2024 - 21:06 WIB

Modus Penipuan Catut Namanya Kembali Terjadi, Ini Klarifikasi dan Himbauan Haji Uma

28 March 2024 - 21:00 WIB

Trending di UTAMA