Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 10 Feb 2017 04:49 WIB ·

MUI Segera Merilis Fatwa Bergaul di Medsos, Insya Allah


 ist Perbesar

ist

Harianrakyataceh.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam waktu dekat akan mengeluarkan fatwa tentang bergaul di media sosial (medsos). Rencana MUI mengeluarkan fatwa itu didasari fakta bahwa medsos menjadi wadah untuk menebar kebencian, fitnah dan adu domba.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI ‎Asrorun Niam mengatakan, saat ini pihaknya masih memantapkan tinjauan hukum Islam dalam masalah medsos. “Insya Allah pekan ketiga (Februari, red) fatwanya sudah keluar,” katanya di Jakarta, Jumat (10/2).

Asrorin menjelaskan, ada pergaulan di medsos yang tidak terjangkau sepenuhnya oleh hukum positif di Indonesia. Misalnya, aparat hanya bisa bergerak bila ada laporan dari pengguna medsos yang merasa dirugikan.

Karenanya MUI berupaya mengambil peran dengan mencegah netizen berkomentar negatif di medsos. Misalnya, di dalam Islam ada larangan memfitnah, gibah dan adu domba.

“Namun, kalau dilihat dari komentar di medsos sepertinya sudah terlalu jauh. Akibatnya saling mencerca, musuhan, dan hal negatif lainnya,” tandasnya.

Asrorun berharap dengan adanya fatwa MUI nanti maka para pengguna medsos‎ bisa menjaga diri agar lebih beretika dan tidak menyebar kebencian yang bisa merusak tatanan hidup berbangsa.(esy/jpnn)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Abu Razak Cek Progres Venue PON

24 July 2024 - 15:00 WIB

Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah

24 July 2024 - 14:47 WIB

Polda Aceh Tahan Mantan Pimpinan Bagian Kredit Bank Mandiri KCP Bener Meriah

24 July 2024 - 12:52 WIB

Polisi akan Tindak Truk Tangki Penyebab Tumpahan CPO di Jalan

24 July 2024 - 11:42 WIB

Ida Fitri Terbitkan Novel “Paya Nie”

24 July 2024 - 10:15 WIB

Wali Nanggroe dan Mualem Temui Ketua Mahkamah Agung

24 July 2024 - 06:26 WIB

Trending di NASIONAL