LOGISTIK PEMILU: Komisi Independen Pemilu (KIP) Aceh Besar melakukan distribusi logistik pemilu kepada 802 titik tempat pungutan suara (TPS) yang tersebar di 604 Gampong di Kabupaten Aceh Besar, Jumat (10/2). DAHLAN/RAKYAT ACEH

 

JANTHO (RA) – Komisi Independen Pemilu (KIP) Aceh Besar, mulai Sabtu (hari ini) akan melakukan distribusi logistik pemilu kepada 802 titik tempat pungutan suara (TPS) yang tersebar di 604 gampong dalam Kabupaten Aceh Besar.

Pendistribusian dimaksud akan selesai hingga Selasa (14/2), sehari sebelum pencoblosan pada 15 Februari 2017.

Komisioner KIP Aceh Besar divisi distribusi logistik, M. Junaidi mengatakan, distribusi logistik menggunakan tiga truk ukuran besar, guna mempercepat proses distribusi. Wilayah pulau Aceh, distribusi juga dilakukan sejak hari ini.

Distribusi, selain didampingi Komisioner KIP, Panwaslih Aceh Besar, juga akan dikawal ketat oleh petugas keamanan Polri hingga ketempat penyimpanan semantara di masing-masing kecamatan.

Junaidi optimis, proses distribusi logistik untuk Pilkada ini akan berjalan lancar, dan mampu sampai tujuan tepat waktu. “Kita sudah lakukan koordinasi dengan masing-masing titik TPS dan tempat penyimpanan sementara, yaitu polsek, maka selanjutnya tinggal gerak saja, semoga cuaca mendukung proses distribusi ini,” kata Junaidi, Jumat (10/2).

Adapun jumlah kertas suara yang akan didistribusi KIP kepada seluruh TPS yang ada di Aceh Besar sebanyak 262.105 kertas suara, termasuk pembulatan 2,5 persen atau 6.770 kertas suara, dengan jumlah DPT dari 23 Kecamatan di Aceh Besar sebanyak 255.335 orang, yang terdiri dari 126.693 laki-laki dan pemilih perempuan 128.642.

Terkait jumlah kertas suara yang mengalami kerusakan, menurut Junaidi hanya 100 lembar, dikarenakan gambar pasangan calon kurang jelas. “Kerusakan ada, tapi cuma sekitar seratus lembar saja dan dapat ditutupi oleh logistik pembulatan,” terang Junaidi. (mag-63/rif)