Menikmati Pantai Perawan Pulau Banyak

Pulau Banyak-Singkil/RA/Ishak mutiara

Puluhan pantai berpasir putih di gugusan Pulau Banyak, begitu menggoda mata. Seolah melambai, memanggil wisatawan untuk datang menjamahnya.

Ishak Mutiara-Pulau Banyak

Pulau Banyak, merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang berada di Kabupaten Aceh Singkil. Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, tepatnya di ujung sebelah barat Pulau Sumatera. Sangat indah dan masih perawan.

Menurut data, di gugusan Pulau Banyak terdapat sekitar 99 pulau. Namun setelah tsunami dan sering terjadi gelombang tinggi, ada lima pulau kecil yang hilang dikikis ombak. Namun masih terlihat pasir putih dan tunggul pohon kelapa yang sudah mati, timbul di atas permukaan laut.

Sebagian besar pulau-pulau di kepulauan ini tidak berpenghuni. Hanya ada kebun kelapa yang menjulang tinggi bebas melambaikan nyiurnya. Jika diperhatikan,

keindahan pulau-pulau di sini tidak jauh beda antara satu dengan lainnya. Semua tergolong sangat unik dan menarik. Masyarakat yang mendiami beberapa pulau begitu ramah dan akrab dengan setiap pengunjung yang datang.

Siapa saja akan merindukan untuk kembali ke gugusan Pulau Banyak, jika telah pernah mengunjunginya. Kepulauan dengan luas wilayah secara keseluruhan berkisar 27,196 hektare ini memang memiliki kawasan laut yang luas dengan garis pantai yang indah sangat panjang. Pasir putihnya begitu lembut merayu untuk dibelai, serta pesona bawah lautnya yang begitu sempurna.

Pulau Banyak dapat dicapai melalui pelabuhan nelayan Desa Pulo Sarok, Aceh Singkil dengan ferry sekira empat (4) jam. Dari Bandaaceh, dapat ditempuh dengan menggunakan anggkutan travel dengan ongkos Rp130.000,-perorang, langsung ke Desa Pulo Sarok, dengan waktu perjalanan sekira 14 jam.

Namun Anda juga bisa menggunakan jasa penerbangan menggunakan pesawat perintis dari Medan tujuan Singkil, yang terbang setiap Rabu, dengan ongkos Rp.140.000.- Jauh lebih murah memang, tapi Anda akan kehilangan pemandangan indah sepanjang perjalanan Bandaaceh-Singkil, yang melintasi sepanjang garis pantai barat Aceh.

Di Pulau Banyak, untuk menjelajahi gugusan pulau-pulau ini, kita dapat menggunakan jasa speed boat dari pulau balai, dengan biaya sekitar Rp400 ribu hingga Rp600ribu perhari. Semetara untuk penginapan, memang baru ada di Pulau Balai, Pulau Palambak, dan Pulau Tailana.

Selamat menjelajahi Pulau Banyak…. (ara/atm)