Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

TEKNOLOGI · 14 Feb 2017 09:35 WIB ·

Gandeng Facebook Perangi Hoax


 Ilustrasi Perbesar

Ilustrasi

Harianrakyataceh.com – Derasnya arus penyebaran berita bohong (hoax) membuat Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bergerak cepat. Pekan lalu Kemenkominfo melakukan video conference dengan perwakilan Facebook Asia Pasifik untuk membahas penyebaran berita hoax yang marak di jejaring sosial itu. Hari ini (14/2) rencananya Rudiantara bertemu langsung dengan perwakilan Facebook tersebut.

“Minggu lalu video conference sama Pak Sammy (Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, Red). Saya sedang di Ambon untuk Hari Pers Nasional. Besok (hari ini) perwakilan Facebook dijadwalkan untuk bertemu langsung,” kata Rudiantara setelah menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR kemarin (13/2).

 

Rudiantara menjelaskan, yang jadi fokus pembahasan pertemuan itu adalah Kemenkominfo dan Facebook bisa bekerja sama mengurangi penyebaran berita hoax. Menurut dia, hal tersebut sangat urgen dilakukan lantaran banyaknya berita hoax yang tersebar melalui Facebook.

 

Kerja sama serupa sudah dilakukan Prancis. Kata dia, menjelang pemilihan presiden pada akhir April mendatang, Prancis sudah jauh-jauh hari mengantisipasi peredaran berita hoax. Salah satunya caranya, menggandeng Facebook dan Google untuk membantu Prancis menyaring berita-berita hoax. “Ini juga jadi tuntutan media-media Prancis. Seperti AFP dan yang lainnya. Mereka menuntut upaya pemerintah memerangi hoax,” terangnya. (and/c10/oki) 

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Elon Musk Siapkan Starlink untuk Organisasi Bantuan di Gaza usai Aksi Bombardir Israel

29 October 2023 - 14:15 WIB

New Honda Vario 160 Makin Bergaya Premium dengan Varian Warna Terbaru 

3 August 2023 - 15:05 WIB

Tips Hindari Roda Selip Saat Berkendara

28 July 2023 - 15:16 WIB

Twitter Duga Threads Aplikasi Contekan, Ancam Lakukan Gugatan terhadap Meta

7 July 2023 - 16:37 WIB

Ikon Motor Bebek Trekking, Honda CT125 Tampil Lebih Modern

16 June 2023 - 10:07 WIB

Teman Baru bagi Penjelajah Jalanan, AHM Luncurkan New XL750 TRANSALP

15 June 2023 - 08:14 WIB

Trending di EKBIS