Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 14 Feb 2017 03:35 WIB ·

Penasehat Keamanan Nasional Trump Mengundurkan Diri, Alasannya


 BERHENTI: Michael Flynn. (Reuters) Perbesar

BERHENTI: Michael Flynn. (Reuters)

Harianrakyataceh.com – Donald Trump kehilangan satu lagi penasehat kepresidenan. Michael Flynn, penasehat keamanan nasional memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya seiring dengan hubungannya dengan Rusia.

Flynn memang diduga menjalin hubungan dekat dengan Rusia. Isu itu kemudian meningkat setelah dia dikatakan melakukan pembicaraan tingkat tinggi agar pemerintah meninjau ulang sangsi yang diberikan AS kepada Rusia. Pembicaraan itu dilakukan sebelum Trump menjabat sebagai presiden.

Dia sendiri menyangkal isu tersebut. Namun, media AS menuliskan laporan kalau Departemen Hukum sudah mengingatkan Gedung Putih mengenai pembicaraan yang berlangsung sebulan lalu itu ketika Trump memasukkan nama Flynn dalam jajaran penasehat kepresidenan. Para senior di Demokrat pun meminta Trump untuk memecat Flynn.

Dalam aturannya, memang dilarang warga sipil campur aduk dalam urusan diplomat AS. Namun, itu dilakukan Flynn. Dalam surat pengunduran diriya, Flynn mengatakan sudah memberikan penjelasan kepada wakil presiden dan pejabat lain mengenai informasi tidak lengkap dari pembicaraan antara dia dengan duta besar Rusia.

Flynn, pensiunan letnan jenderal Angkatan Darat sebelumnya menyangkal sudah mendiskusikan mengenai sangsi AS kepada Duta Besar Rusia Sergei Kislyak. Dan, Wakil Presiden AS juga mengatakan hal yang serupa. Juru bicara Rusia, Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan kalau Flynn dan  Kislyak tidak membicarakan mengenai pencabutan sangsi kepada Rusia.

Pejabat Demokrat sudah meminta Trump untuk memecat Flynn. ”Dia tidak bisa dipercaya untuk menomorsatukan tujuan dan keamanan Amerika,” tulis Nancy Pelosi. Pejabat lain juga meminta agar dilakukan investigasi hubungan antara Flynn dengan Rusia.

Posisi Flynn saat ini digantikan oleh pensiunan Letnan Jenderal Keith Kellogg. Dia punya pengalaman 30 tahun di Angkatan Darat. Pernah bertugas di Vietnam, Kamboja, Panama, dan Teluk. (BBC/tia)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

WHO : Bencana Kemanusiaan di Sudan Semakin Memburuk, Harus Segera Diatasi

17 July 2024 - 15:11 WIB

Dua Dosen UIN Ar Raniry Diundang Seminar di Thammasat University Bangkok, Thailand

12 July 2024 - 17:45 WIB

Israel Bikin Murka PBB dan Kelompok Kemanusiaan Setelah Menghancurkan Terowongan Gaza

12 July 2024 - 16:03 WIB

Tega! Israel Buang Limbah ke Aliran Mata Air yang Digunakan Warga Palestina untui Minum

2 July 2024 - 15:57 WIB

Rumah Sakit di Gaza Tutup Akibat Krisis Bahan Bakar

1 July 2024 - 14:45 WIB

Fachrul Razi Bertemu Ketua Harian DPP Gerindra Prof Sufmi Dasco di Korea Selatan

1 July 2024 - 11:39 WIB

Trending di INTERNASIONAL