Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 15 Feb 2017 14:41 WIB ·

India Catat Sejarah dan Kalahkan Rusia dalam Hal Ini…


 SEJARAH: India sukses mengirim 104 satelit. (AFP, BBC) Perbesar

SEJARAH: India sukses mengirim 104 satelit. (AFP, BBC)

Harianrakyataceh.com – Rakyat India patut berbangga. Pasalnya, negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia itu baru saja mencatatkan sejarah seiring dengan keberhasilannya meluncurkan 104 satelit sekaligus dalam satu misi. Hal ini menyalip catatan Rusia dengan peluncuran 37 satelit ke luar angkasa pada tahun 2014 lalu.

Peluncuran ini berlagsung di Sriharikota, India Timur. Direktur proyek ISRO (NASA-nya India, Red), B Jayakumar mengungkapkan kebahagiaan dalam momen bersejarah ini. “Ini adalah momen besar bagi seluruh rakyat India. Hari ini kita telah menciptakan sejarah,” katanya kepada Reuters.

 

Dari 104 satelit yang diluncurkan, India sendiri mengirimkan tiga satelitnya. Dengan mayoritas satelit milik Amerika Serikat sebanyak 96 satelit. Sementara sisanya adalah milik Israel, Kazakhstan, Uni Emirat Arab, Swiss, dan Belanda dengan masing-masing satu buah.

 

Perdana Menteri Narendra Modi, juga tak ketinggalan memberikan komentarnya. Komentar dari Perdana Menteri ke-14 India itu dituangkan dalam akun twitter miliknya, @narendramodi. “Prestasi yang membanggakan dari @isro juga para ilmuwan dan komunitas luar angkasa kami. India menaruh hormat pada ilmuwan kami,” cuitnya.

Pemerintah India sendiri telah meningkatkan anggaran untuk program luar angkasa tahun ini dan juga mengumumkan rencananya dalam misi ke Venus. Selama dua dekade terakhir, India telah menjadi pemain kunci di pasar luar angkasa komersial yang menguntungkan dengan menawarkan alternatif harga yang relatif murah. (CR4/BBC/JPG/tia)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Mopen tabrak truk muatan kayu di Pidie, warga Aceh Barat meninggal dunia

13 June 2024 - 15:00 WIB

India Protes Atas Terjadinya Gol Kontroversial Qatar di Kualifikasi Piala Dunia 2026

13 June 2024 - 14:57 WIB

Cetak Rekor! Timnas Indonesia Jadi Satu-satunya Wakil ASEAN Melaju ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

12 June 2024 - 14:49 WIB

KPK Tegaskan Penyitaan HP Sekjen PDIP Hasto  Merupakan Kewenangan Penyidik

11 June 2024 - 14:39 WIB

Habiskan Gaji untuk Judi Online, Briptu Fadhilatun Nikmah Borgol Suami Lalu Dibakar

10 June 2024 - 15:32 WIB

Kemala Run 2024: Seorang Polwan Polda Aceh Raih Juara III Kategori 10 Km

9 June 2024 - 21:09 WIB

Trending di NASIONAL