Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

EKBIS · 17 Feb 2017 09:19 WIB ·

Mau Pesan Mobil Terbang, Cek di Sini


 PAL-V Liberty. Foto: Motor1.com Perbesar

PAL-V Liberty. Foto: Motor1.com

rakyataceh.com (RA)- Perusahaan asal Belanda PAL-V tengah memproduksi si mobil terbang alias girokopter.

Pemesanan sudah bisa dilakukan. Namun, pembeli baru bisa mendapatkannya pada akhir 2018.

Girokopter yang diberi nama Liberty itu sudah memenuhi standar untuk terbang maupun berjalan di jalanan Eropa dan Amerika Serikat (AS).

’’Setelah kerja keras selama bertahun-tahun, menaklukkan tantangan teknis dan kualifikasi, tim kami sukses menciptakan mobil terbang inovatif yang sesuai dengan standar keselamatan yang ditentukan oleh lembaga-lembaga yang membuat kebijakan di seluruh dunia,’’ ujar CEO PAL-V Robert Dingemanse.

PAL-V Liberty adalah girokopter bermesin ganda. Satu untuk terbang dan lainnya untuk berkendara di darat.

Saat dikendarai di jalan, panjangnya hanya 4 meter dan tinggi 1,7 meter, hampir sama dengan umumnya mobil biasa. Namun, saat terbang panjangnya 6,1 meter dengan tinggi 3,2 meter.

Ketika menyusuri jalanan, baling-baling Liberty yang terletak di belakang tersembunyi di dalam kendaraan. Sedangkan baling-baling di bagian atas terlipat rapi di atas mobil.

Perubahan dari mode darat ke udara hanya membutuhkan waktu 5–10 menit. Pengemudi harus melakukan sedikit usaha untuk membuat Libery terbang.

Tiang untuk baling-baling bagian atas memang naik otomatis. Namun, tidak demikian halnya dengan baling-baling bagian belakang.

Pengemudi harus keluar dan menariknya dulu. Begitu siap, pengendara bisa langsung terbang dengan ketinggian maksimal 3.500 meter. Untuk terbang dan turun, pengendara harus mencari lahan kosong seluas 90–200 meter.

Harga PAL-V Liberty edisi Pioneer dibanderol USD 500–600 ribu (Rp 6,7 miliar – Rp 7,9 miliar).

Versi Sport lebih murah, yaitu di kisaran USD 400 ribu (Rp 5,3 miliar).

Pembeli versi Pioneer bisa mendesain sendiri interior dan eksterior mobil terbang mereka. Pesanan PAL-V Liberty Pioneer juga akan lebih dulu dikerjakan daripada Sport.

Untuk mendukung produknya, PAL-V membuat aplikasi telepon pintar. Aplikasi tersebut bisa membandingkan antara perjalanan dengan menggunakan Liberty dan moda transportasi konvensional.

Tujuannya agar pengguna tahu berapa waktu yang bisa mereka hemat, berapa kali pemberhentian untuk perjalanan jauh, serta rekomendasi perjalanan dengan PAL-V Liberty. (NewAtlas/NewsWire/Express/sha/c19/any)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

GM PLN Aceh Inspeksi SPKLU, Pastikan Siap Layani Pemudik

9 April 2024 - 14:56 WIB

Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik

9 April 2024 - 12:12 WIB

Tips Aman Berkendara Saat Silaturahmi Lebaran

8 April 2024 - 15:32 WIB

Tips Aman Listrik Sebelum Mudik Dari PLN Aceh

6 April 2024 - 23:20 WIB

Jelang Idul Fitri, PLN UID Aceh Siagakan Petugas 24 Jam Pastikan Pelayanan Kelistrikan

6 April 2024 - 23:17 WIB

Gelar Apel Siaga Kelistrikan Nasional, Dirut PLN Pimpin Kesiapan Keandalan Listrik Masa Lebaran 2024

6 April 2024 - 23:12 WIB

Trending di EKBIS