Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 24 Feb 2017 01:32 WIB ·

Irwandi Kembali Menang, Kuasai enam dari 11 Kabupaten


 Rakyat Aceh/Dok Perbesar

Rakyat Aceh/Dok

BANDA ACEH (RA) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) di 11 Kabupaten/Kota di Aceh, gelar rapat pleno terbuka rekapitulasi suara pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Aceh, Kamis (23/2). Hasil perhitungan tersebut, pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah dan Muzakkir Manaf (Mualem) -T.A Khalid bersaing ketat.

Pasangan Irwandi Yusuf menguasai enam kabupaten kota diantaranya Nagan Raya, Bener Meriah, Sabang, Aceh Besar, Aceh Tamiang dan Simeulue. Sementara Muzakir Manaf rebut suara di Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Jaya, Aceh Timur. Tarmizi Karim hanya sukses di Aceh Barat Daya.

Mayoritas masyarakat Lhokseumawe dan Aceh Utara, mengidamkan Mualem sebagai Gubernur Aceh. Di Lhokseumawe, Mualem raih 27.068 suara sementara Irwandi 17.235, sementara di Aceh Utara suara Mualem 119.084.  Kedua tokoh ini bersaing ketat di Sabang, Muzakkir Manaf-T.A Khalid dapat 7.693 suara dan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah 7.885 suara.

Secara umum proses rekapitulasi berjalan lancar dan aman, pihak keamanan memeriksa ketat setiap yang masuk ke dalam ruang pleno. Namun sebagian daerah sempat diwarnai protes dan aksi walk out saksi. Bahkan sebagaian menolak menandatangani berita acara.

Salah satunya, terjadi di Aceh Barat Daya. Muhammad Jakfar saksi dari pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf-TA.Khalid menolak menandatangani berita acara usai digelar sidang pleno. Ia menolak menandatangani model DB-KWK dengan alasan dilarang atasan.”Saya diperintahkan tidak boleh teken hasil pleno oleh atasan,” sebutnya kepada Koran Ini.

Kendati demikian, proses perhitungan suara tetap berjalan. KIP berharap kekecewaan tim sukses maupun saksi, atau temuan pelanggaran diselesaikan secara prosedural. “Jika ada saksi yang merasa keberatan namun tidak masalah rapat ini tetap sah. Rapat yang kita laksanakan hari ini adalah hasil perolehan hasil terkait proses yang harus dilakukan baik itu di Panwaslih dan Gakkumdu,” kata Helmi Syahrizal, Ketua KIP Aceh Jaya.(mai)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kadisdik Tekankan Pesan Mulia Himne Aceh pada Pembukaan Rakor DAK Fisik SMA dan SLB

22 June 2024 - 14:13 WIB

Irfansyah Gelar Halal Bi Halal

21 June 2024 - 23:14 WIB

7 Jemaah Haji Asal Provinsi Aceh Meninggal Dunia di Arab Saudi

21 June 2024 - 15:19 WIB

Lionel Messi Pecahkan Rekor Penampilan Terbanyak pada Ajang Copa America

21 June 2024 - 15:11 WIB

Kodim 0102/Pidie Gelar Apel Gabungan dan Sidak Handphone Prajurit Cegah Judi Online

21 June 2024 - 14:23 WIB

Polisi Limpahkan Ibu dan Selingkuhan Kasus Pembunuhan Anak kepada Jaksa

20 June 2024 - 20:37 WIB

Trending di DAERAH