Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 27 Feb 2017 07:52 WIB ·

Gajah Liar Dipasang GPS


 Gajah Liar Dipasang GPS ( For R.A) Perbesar

Gajah Liar Dipasang GPS ( For R.A)

BANDA ACEH (RA) – Meminimalisir konflik gajah dengan manusia, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bekerjasama dengan tim kedokteran hewan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), memasang GPS Collar pada salah satu gajah liar di kawasan Sampoinet, Aceh Jaya.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, pemasangan GPS Collar ini dilakukan untuk mendukung sistem peringatan dini mitigasi konflik satwa di masa yang akan datang. Pada GPS Collar ini nantinya akan terpantau pergerakan harian kelompok gajah setiap empat jam sekali.

“Ini membantu kita untuk memprediksi pola gangguan dan memudahkan masyarakat setempat untuk mengantisipasinya,” kata Sapto Aji Prabowo. Ditambahkannya, GPS Collar ini akan menjawab pertanyaan semua pihak, tentang dari mana kelompok gajah ini berasal. Selanjutnya, dapat dilakukan analisa penyebab mengapa kelompok ini beralih ke wilayah Mila dan Keumala yang sebelumnya belum pernah mengalami konflik.

Sementara itu, Rakyat Aceh turun langsung bersama CRU Sampoinet dalam melakukan pemasangan GPS itu, Sabtu (25/2). Dalam pemasangan ini, belasan orang dari BKSDA dan anggota CRU Sampoinet mencari gajah liar yang berada di kawasan ini. Dengan berjalan puluhan kilometer dari CRU ke pegunungan di sana. Pada hari Sabtu siang di dalam hutan rimba mereka menemukan gajah liar betina.

Dengan memanfaatkan tiga ekor gajah jinak, mereka langsung menggiring gajah betina tersebut, sebelumnya gajah liar itu ditembak bius. Tanpa kesulitan apapun tim memasang GPS dengan lancar dan aman. Setelah pemasangan selesai, tim langsung kembali. (ibi/rif)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

TRK Minta Pj. Gubernur Tegas Terhadap Permainan Harga Sawit

16 July 2024 - 20:48 WIB

ISBI Aceh Beri Ruang Seniman dan Budayawan Raih Gelar Sarjana

16 July 2024 - 20:12 WIB

Safni Calon Kuat yang Direkomendasikan Partai Gerindra

16 July 2024 - 19:35 WIB

Presiden Jokowi Transit di Aceh Sebelum Bertolak ke Abu Dhabi

16 July 2024 - 18:03 WIB

PMI Kota Banda Aceh Gelar Aksi Donor Darah Sukarela, Pj Wali Kota Banda Aceh dan Pj Bupati Aceh Besar Ikut Donor Darah

16 July 2024 - 17:07 WIB

Tingkatkan Pelayanan Publik, Kakanwil Pajak Aceh Kunjungi Ombudsman RI

16 July 2024 - 16:02 WIB

Trending di METROPOLIS