Irwandi Gubernur Lagi

Calon gubernur Aceh, Irwandi Yusuf bersama istrinya Darwati A Gani. FOR RAKYAT ACEH

BAND ACEH (RA) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menetapkan pasangan calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh nomor urut enam, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah memperoleh suara terbanyak melalui rapat pleno rekapitulasi, penetepan dan pengumuman hasil penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017 di Gedung Utama Dewan Perwakilan Rakyat (DPRA), Banda Aceh, Sabtu (25/2).

Penetapan ini berdasarkan jumlah yang diperoleh masing-masing pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, setelah 23 KIP kabupaten/kota se-Aceh menjabarkan dan menyampaikan hasilnya dan kemudian disahkan oleh KIP Aceh dalam rapat pleno terbukan tersebut.

“Hasil dan rincian perhitungan suara dan rincian suara sah masing-masing pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tahun 2017, kami nyatakan sah. Ditetapkan Sabtu 25 Februari 2017 pada pukul 18.30 WIB,” kata Ridwan sambil mengetuk palu sidang.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara, pasangan calon (Paslon) nomor urut 6, Irwandi Yusuf- Nova Iriansyah memperoleh 898.710 suara, posisi kedua ditempati oleh pasangan nomor urut lima, Muzakir Manaf-TA Khalid dengan memperoleh 766.427 suara.

Sementara Paslon nomor urut satu, Tarmizi Karim-Machsalmina Ali menempati posisi ketiga dengan 406.865 suara, kemudian disusul Paslon nomor urut empat, Zaini Abdullah-Nasaruddin dengan memperoleh 167.910 suara.

Sedangkan Paslon Zakaria Saman-T Alaidinsyah meraup 132.981 suara dan posisi terbawah ditempati Paslon nomor urut tiga, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab yang mendapatkan 41.908 suara.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, mengatakan, pelaksanaan rapat pleno diadakan untuk mengetahui hasil rekapitulasi suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dari 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh.
“Ini merupakan rekapitulasi lanjutan dari kabupaten/kota. Sebelumnya KIP di 23 kabupaten/kota sudah berlangsung dan menetapkan hasil perhitungan suara di daerah masing-masing,” katanya.

Ridwan menuturkan, KIP Aceh berterima kasih dan memberikan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada. Baik pasangan calon, partai politik dan masyarakat Aceh yang telah mendukung dan menyukseskan pemungutan dan hitung suara Pilkada Aceh.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi Pemerintah Aceh, Polda Aceh dan Kondam Iskandar Muda, yang sudah bahu-membahau, berkoordinasi terus menerus dalam rangka menciptakan kondusiftas dan keamanan pelaksanaan Pilkada Aceh. Kami sangat mengapresiasi itu,” sebutnya. (mag-68/mai)