Sejumlah Komunitas Bersihkan Pantai Ujong Blang

BERSIH SAMPAH : Sekitar 200 lebih warga yang tergabung dari berbagai komunitas, melakukan aksi pembersihan pesisir Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe, Ahad (26/2). (RAKYAT ACEH / Agustiar)

LHOKSEUMAWE (RA) – Sejumlah komunitas membersihkan sampah di sepanjang pesisir Pantai Ujong Blang Lhokseumawe, Ahad (26/2). Aksi ini juga dilakukan untuk menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2017.

Kegiatan bersih sampah ini melibatkan 200 lebih warga dari 25 komunitas. Mereka berkumpul di pinggir pantai dengan membawa sejumlah kantong plastik besar. Para anggota komunitas ini akan memungut sampah terutama plastik yang berserakan di pinggit pantai. Kegiatan ini diinisiasi oleh komunitas turun tangan dengan melibatkan sejumlah komunitas lainnya, seperti komunitas motor, lingkungan dan lainnya.

Peserta yang didonimasi oleh kaum muda dan mahasiswa, klub motor ini bukan saja berasal dari Kota LHokseumawe, bahkan dari luar. Kegiatan sendiri dilakukan mulai pukul 10.00 Wib hingga pukul 12.00 Wib. Sebelum kegiatan, mereka melakukan senam bersama yang dilanjutkan dengan aksi pemungutan sampah.

“Nantinya sampah yang terkumpul akan diberikan kepada petugas kebersihan di Kota Lhokseumawe,”ujar Muhammad Arif, koordinator yang merupakan pengurus komunitas Turun Tangan Lhokseumawe. Kegiatan tersebut, sambung Arif, dilakukan untuk menciptakan agar Kota Lhokseumawe dapat terbebas dari sampah, sesuai program pemerintah yakni tahun 2020. Selain itu juga untuk meningkatkan motivasi dan kepekaan masyarakat terhadap kepedulian terhadap lingkungan.

“Ini kita lakukan agar kawasan pesisir tetap terjaga kebersihannya dari berbagai sampah. Terutama sampah berbahan plastik yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Harapan kita, ke depan semua warga akan sadar terhadap kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga lingkungan menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit,”terang Arif. (agt/arm)