Kemenangan Rakyat Aceh

Kemenangan Irwandi,

BANDA ACEH (RA) – Ketua DPD PDIP Aceh Karimun Usman, menilai pelaksanaan Pilkada di Aceh sudah berjalan cukup baik dalam kondisi aman dan damai. Bahkan menurutnya, merupakan tolak ukur kebangkitan demokrasi di Aceh.

“Pilkada kali ini merupakan yang terbaik setelah reformasi dan perdamaian Aceh,” katanya, Rabu (1/3).
Baginya, kemenangan pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah merupakan kemenangan rakyat Aceh. “Saya lihat, saat ini rakyat Aceh sangat cerdas dalam memilih pemimpin. Mereka tak mau lagi dibohongi. Saya mengucapkan terima kasih untuk rakyat Aceh semua,” katanya.

Ia berpendapat, ketika rakyat tak lagi memenangkan calon petahana, ini artinya bukan karena kurangnya sosialisasi para kandidat, namun lebih dikarenakan faktor sebab-akibat. Karena perbuatan sendiri, menyebar janji-janji ke rakyat yang tak pernah dipenuhi.

“Kemenangan Irwandi bukan kemenangan partai pendukung, tapi kemenangan rakyat Aceh yang sudah cerdas dalam memilih. Oleh karena itu, saya berharap pemimpin yang terpilih nanti, harus mengutamakan kepentingan rakyat, bukan mengutamakan kepentingan kelompok atau pendukung sendiri,” katanya.
Menyikapi fenomena protes dan penolakan serta tak mengakui hasil Pilkada di sejumlah daerah, Karimun melihat hal itu sah-sah saja dalam alam demokrasi. Menyampaikan aspirasi atau protes dapat saja dilakukan asal tidak anarkis.

Ia mengaku menghormati setiap tim pasangan calon yang telah menempuh proses hukum, apalagi jika bersedia mengajukannya ke MK. “Secara keseluruhan saya ucapkan terima kasih untuk rakyat Aceh. Karena mereka sudah cerdas dan tak mau lagi diiming-imingi janji,” katanya. (mag-71/mai)