LIRA KRITISI KINERJA TIM SABER PUNGLI

Wakil Ketua : Kami Belum Ada Anggaran

Laporan : Kaya Alim

SUBULUSSALAM (RA) – Sejak dikukuhkannya Satuan tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Kota Subulussalam pada tanggal 23 Januari lalu, hingga kini masih terlihat belum bergerak untuk melakukan pengawasan dan pencegahan, dilapangan sehingga terkesan vakum.

Demikian disampaikan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah LSM Lumbung Informasi Rakyat (DPD-LIRA) Kota Subulussalam, Satria Tumangger kepada rakyataceh, Senin (6/3). Menurut Satria, sejak dikukuhkan, Satgas Saber Pungli di Kota Subulussalam sama sekali belum ada menunjukkan kinerja dengan turun kelapangan untuk melakukan pengawasan, pembinaan dan pencegahan di instansi-instansi pemerintahan.

“ sudah hampir dua bulan berjalan sejak dikukuhkan, aksi para tim satgas saber pungli sama sekali belum ada berbuat apa-apa. Ini menjadi bahan pertanyaan kita ada apa kok diam saja “ kata Satria Tumanggor.

Terpisah, Wakil Ketua Satgas Saber Pungli, Kota Subulussalam, Drs. H. Salbunis, MAP melalui telepon selulernya mengaku pihaknya belum ada turun kelapangan. Alasannya, kata Salbunis karena belum ada anggaran. Sehingga pihaknya belum bisa turun kelapangan untuk melakukan pengawasan dan pencegahan.

Salbunis pun mengaku pihaknya sudah memasukkan usulan anggaran ke pemerintah untuk operasional tim saat turun kelapangan, namun hingga kini belum ada kejelasan dari pemerintah. Anggaran yang mereka usulkan untuk tahun anggaran 2017 ini hanya Rp 400 juta.

“ sampai sekarang anggaran untuk satgas saber pungli belum kami ketahui apakah disetujui atau tidak. Untuk dana pengukuhan saja kami patung-patungan “ aku Salbunis (lim)