Sekali Melaut, Nelayan Tangkap Empat Ton Kakap Putih

BONGKAR IKAN: Awak boat KM Jasa Cahaya satu bongkar ikan di TPI Lhok Pawoh, Sawang, Aceh Selatan, Senin (6/3). SUDIRMAN HAMID/RAKYAT ACEH

TAPAKTUAN (RA) – KM Jasa Cahaya I TPI Lhok Pawoh, Kecamatan Sawang berhasil membawa pulang hasil tangkapa sekitar empat ton ikan kakap putih, Senin (6/3).

Tidak tanggung-tanggung, seribuan ekor ikan seberat lebih kurang empat ton terjerat jaring boat yang dipawangi Rustam (40), penduduk gampong Ujung Karang. Kakap putih tergolong ikan langka dan jarang kelihatan sejak beberapa terakhir.

“Saat kami melewati perairan Gunong Setui, Samadua, nampak gemuruh kawanan ikan bagaikan gelombang. Spontan awak melempar jaring untuk berlabuh. Beruntung, sasaran mengena. Perkiraan saya ada empat ton,” ujar Rustam saat bertemu Rakyat Aceh disela-sela membongkar ikan di TPI Lhok Pawoh.

Selain kakap putih, tambah Rustam yang tidak lain adalah pemilik KM Jasa Cahaya satu dan dua, dalam aksi labuh cepat tersebut juga terjaring ikan Beureulang, tolak dan tongkol. Namun yang terbanyak kakap putih.
Disampaikan buruh pedagang ikan TPI Lhok Pawoh,Munajar, harga ikan kakap putih berbeda dengan tongkol. Kakap putih berkisar Rp 35.000 per kilogram. Ikan hasil tangkapan boat KM Jasa Cahaya langsung dipetikan untuk dikirim ke Medan, Sumatera Utara.

“Ikan kakap tangkapan Rustam yang diawaki lebih kurang 22 personel itu memiliki berat 1,5. Sampai empat kilogram per ekor. Kebetulan tangkapan dia pada saat produksi ikan sedang sepi,” pungkas Munajar. (dir/slm)