SMA Labschool Gelar Education Expo

FOKUS: Siswa-siswi SMA Laboratorium Universitas Syiah Kuala, melakukan persiapan pameran pendidikan di sekolah setempat yang akan berlangsung 10-12 Maret 2017 di Banda Aceh, Selasa (7/3). Foto: RACHMAD RAMADHANI/RAKYAT ACEH

Harianrakyataceh.com,Banda Aceh – SMA Laboratorium Universitas Syiah Kuala, menggelar even pameran pendidikan untuk mengenalkan pendekatan pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) kepada para praktisi pendidikan. Dijadwalkan kegiatan akan berlangsung 10-12 Maret mendatang.

Kegiatan dua tahunan ini digelar untuk menjaring bibit-bibit unggul sebagai calon-calon peserta didik SMA Laboratorium Unsyiah tahun ajaran selanjutnya. Hal itu disampaikan ketua panitia acara, Hizqil Apandi, guru sekolah setempat.

“Kegiatan ini menampilkan kreatifitas siswa/siswi SMA Laboratorium Unsyiah, sekaligus sebagai ajang promosi SMA Laboratorium Unsyiah agar lebih dekat kepada masyarakat,” kata Hizqil.

Lanjutnya, perkembangan dunia yang semakin cepat dewasa ini perlu kita respon dengan tepat. Dunia pendidikan sebagai pilar kemajuan suatu bangsa, tentu memiliki tugas berat dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

“Salah-satu jawaban untuk meningkatkan kualifikasi lulusan adalah penerapan pendekatan pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi,” sambungnya. Hal itu menjadi alasan digelarnya Education Expo tersebut.

Sementara itu, koordinator Labschool Band Competition (LBC) VIII, Arief Ferdian pada Rakyat Aceh mengatakan, secara keseluruhan persiapan mencapai 80 persen. “Kita sudah mulai mendekor tempat kegiatan, semua panitia bekerja ekstra untuk menyukseskan acara ini,” kata Arief didampingi Hafiz Adinata Putra, Zetizen Rakyat Aceh 2016.

Selama Expo berlangsung, lanjutnya, sejumlah stand akan disediakan pihak panitia acara, termasuk Stand Seni dan PKW, stand Sains, Sosial dan Humaniora, Olahraga, OSIS dan Eskul, Perpustakaan, Stand Manajemen dan Stand Alumni.

Sementara pada HOTS Contest, sejumlah kegiatan juga digelar, seperti lomba cerdas cermat antar SMP se-Aceh, lomba Spelling Bee antar SMP se-Aceh, Lomba Tari Kreasi, dan Lomba Vokal Solo antar SMP se-Aceh. Sementara untuk tingkat SMA se Aceh, digelar Lomba Fotografi, English Debate, Band competition, dan Band competition intern Labschool.

Try Out Ujian Nasional tingkat SMP dan SMA se-Aceh bekerjasama dengan salah-satu lembaga bimbingan belajar ternama di Aceh juga digelar. Untuk para pendidik, guru dilaksanakan workshop pembuatan soal-soal.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh SMA Laboratorium Unsyiah yang terdiri dari dewan guru dan OSIS. Peserta yang diundang berasal dari SMP sederajat dan SMA sederajat se Aceh, serta masyarakat umum.

Harian Rakyat Aceh, selaku media partner sangat mendukung setiap kegiatan anak muda, baik itu komunitas maupun sekolah. Apalagi sejak 2016, harian Rakyat Aceh aktif mendukung aksi positif anak muda dan pelajar melalui halaman khusus Zetizen Rakyat Aceh. (rad/rif)