Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

POLITIKA · 17 Mar 2017 13:07 WIB ·

Haji Uma : Perlu Regulasi Perlindungan Kopi Gayo


 Senator Asal Aceh, H. Sudirman (Haji Uma) foto bersama Oesman Sapta Odang  FOR RAKYAT ACEH Perbesar

Senator Asal Aceh, H. Sudirman (Haji Uma) foto bersama Oesman Sapta Odang FOR RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Anggota Dewan Perkawilan Daerah (DPD) RI asal Aceh, H.Sudirman atau yang lebih akrap disapa Haji Uma melakukan penyerapan aspirasi ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bener Meriah, Rabu (15/) lalu.

Dalam penyerapan aspirasinya kali ini Haji Uma telah menginventarisir salah satu permasalahan perdagangan yaitu terkait perlindungan produk Kopi gayo yang selama ini menjadi salah satu produk unggulan Aceh.

Hal tersebut berawal dari pemaparan Sekretaris dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Bener Meriah, Saifuddin PA, ia menyebut bahwa tahun lalu terjadi penyelundupan kopi dari provinsi lain ke Bener Meriah, kemudian kopi tersebut di kemas dalam kemasan produk kopi gayo dan di ekspor ke daerah lain dan luar negeri.

“Jika kejadian ini terus terulang maka dikhawatirkan mutu kopi gayo akan hilang,” ujar Saifuddin.

Menurut Saifuddin, Kopi gayo selama ini cukup diminati oleh penikmat kopi, namun peluang ini sering dimanfaatkan oleh pengusaha tertentu untuk menggeruk keuntungan sebanyak mungkin dengan memasok kopi dari luar daerah yang harganya lebih murah, kemudian diberi kemasan kopi gayo dan dijual dengan harga lebih mahal.

Atas penjelasan itu, Haji Uma yang dikenal lewat film Eumpang Breuh ini meminta pemerintah daerah agar membuat regulasi yang dapat melindungi produk kopi gayo seutuhnya.

“Jangan sampai kualitas mutu kopi gayo dihancurkan oleh orang-orang tertentu dengan dalih keuntungan yang lebih besar, hal ini jangan diabaikan,” tegasnya. (ril/rat)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Irfansyah Gelar Halal Bi Halal

21 June 2024 - 23:14 WIB

KPK Tegaskan Penyitaan HP Sekjen PDIP Hasto  Merupakan Kewenangan Penyidik

11 June 2024 - 14:39 WIB

AMPI Nagan Raya Siap Mendukung Penuh TRK sebagai Calon Bupati Nagan Raya pada Pilkada 2024

10 June 2024 - 14:32 WIB

Posko Pemenangan Tgk Irawan Abdullah Dilaunching

9 June 2024 - 22:10 WIB

Bacalon Bupati Aceh Besar, H. Musannif Sambangi Kantor DPN Partai Gelora

7 June 2024 - 21:42 WIB

PAN Menyetujui Ketua Partai Golkar Aceh TM Nurlif Maju sebagai Calon Gubernur Aceh

5 June 2024 - 22:50 WIB

Trending di POLITIKA