Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 19 Mar 2017 09:55 WIB ·

Jika Ibu Kota Dipindah, Jakarta Jadi Apa?


 Kota Jakarta dengan kemacetannya (Miftahul Hayat/Jawa Pos) Perbesar

Kota Jakarta dengan kemacetannya (Miftahul Hayat/Jawa Pos)

Harianrakyataceh.com – Jakarta tak lagi cocok jadi ibukota negara. Mungkin pikiran itulah yang terlintas dalam benak Presiden Joko Widodo setelah mengeluarkan wacana pemindahan ibukota ke Palangkaraya. Jika ibu kota dipindah, lantas karakteristik kota apakah yang cocok untuk Jakarta dengan segala kesemrawutannya?

“Jakarta cocok jadi kota bisnis, kota dagang gitu ya. Kayak New York atau LA (Los Angeles),” ujar Pakar Tata Kota dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Denny Zulkaidi kepada JawaPos.com, Sabtu (18/3).

Dia menjelaskan, sebenarnya jika berkaca dari negara-negara maju di luar negeri, pusat pemerintahan itu dipisahkan dengan daerah bisnis.

“Pusat pemerintahan dengan bisnis ya jangan terlalu dekatlah. Kalau bisnis ya jalan aja sendiri. Enggak perlu support, backup, beking dari pejabat,” terangnya.

Denny mencontohkan di Amerika Serikat. Kota bisnis yang begitu luas terpusat di New York. Sementara ibukotanya terletak di Washington DC, sebuah kota yang tak begitu besar.

Begitu pun untuk tingkat provinsinya. Kota besar dan ibukota seyogyanya dibuat terpisah. “Misalnya di California, itu kota besarnya Los Angeles, tapi ibukotanya Sacramento. Kalau kita kan banyak yang merangkap, ibukota sekalian kota besarnya. Surabaya contohnya ibukota plus kota besarnya di Jawa Timur,” paparnya.

“Yang di Indonesia kan susahnya pusat bisnis sama pemerintahan sangat dekat,” tandasnya. (uya/JPG)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pj Gubernur Aceh Hadiri Peringatan Otda Ke-28 Di Surabaya

25 April 2024 - 21:09 WIB

Prabowo ke AMIN: Saya tahu senyum Anda berat sekali

24 April 2024 - 15:08 WIB

Mahfud Ungkap Alasan Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Sebagai Pemenang Pilpres 2024

24 April 2024 - 15:07 WIB

Usai ditetapkan jadi Wapres Terpilih, Gibran Langsung Blusukan Bagi-bagi Susu Gratis

24 April 2024 - 15:00 WIB

Lemparan Pratama Arhan Dua Kali jadi Momok Bagi Yordania, Komentator: Lemparan Rudal

22 April 2024 - 15:14 WIB

MK Tolak Gugatan Anies-Muhaimin Terkait Dugaan Politik Jokowi ‘Cawe-Cawe’ di Pilpres 2024

22 April 2024 - 15:03 WIB

Trending di NASIONAL