Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 23 Mar 2017 08:26 WIB ·

PWI Aceh Buka Pendaftaran UKW


 Ilustrasi Perbesar

Ilustrasi

Banda Aceh (RA) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh awal Mai tahun ini akan membuka kembali seleksi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari berbagai media cetak harian, mingguan dan online.
Seleksi ini merupakan program lanjutan dari PWI Aceh dalam rangka memberikan kesempatan bagi wartawan media cetak dan online yang belum mengikuti UKW sebagaimana disyaratkan oleh Dewan Pers sebagai salah satu standar pers.
Persyaratan untuk mengikuti seleksi ini diantaranya  membawa foto copi perusahaan pers (Perusahaan Terbatas),  surat pernyataan dari pimpinan redaksi serta kliping berita yang dibuat sendiri wartawan bersangkutan. Nantinya panitia akan menseleksi apakah bisa ikut atau tidak karena  kalau tidak lengkap nantinya juga tidak bisa ikut.
Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman kepada wartawan, Kamis (23/3) menyebutkan, program ini merupakan salah satu langkah organisasi pers untuk menjadikan wartawan lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya.
‘Seorang wartawan dalam menjalankan tugas punya identitas dengan menampakkan kartu pers dan santun dalam mewawancarai nara sumber,’ ujarnya.
Dalam membuat berita, harus berimbang (cover both side), mentaati kode etik jurnalistik. Ini yang harus menjadi perhatian bagi wartawan yang sudah kompeten.
Sàat ini, kata Tarmilin wartawan yang tergabung dalam PWI Aceh sekitar 250 orang di 23 kabupaten/kota. Dan yang sudah lulus UKW hampir 40 persen. Sisanya, katanya akan terus dilakukan UKW minimal dua kali setiap tahun dan sebelum seleksi juga ada pelatihan jurnalistik bag i wartawan pemula yang dilaksanakan Sekolah Jurnalis Indonesia (SJI) PWI Aceh. (imj)
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Abu Razak Cek Progres Venue PON

24 July 2024 - 15:00 WIB

Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah

24 July 2024 - 14:47 WIB

Polda Aceh Tahan Mantan Pimpinan Bagian Kredit Bank Mandiri KCP Bener Meriah

24 July 2024 - 12:52 WIB

Polisi akan Tindak Truk Tangki Penyebab Tumpahan CPO di Jalan

24 July 2024 - 11:42 WIB

Jalin Sinergi dan Koordinasi, Kakanwil Pajak Kunjungi Polda Aceh

23 July 2024 - 19:59 WIB

Komitmen OJK Tingkatkan Literasi dan Akses Keuangan Syariah bagi UMKM dan Santri di Aceh

23 July 2024 - 19:52 WIB

Trending di UTAMA