Pembongkaran Jembatan Kutablang Dua Bulan

Pekerja membongkar rangkaian jembatan rangka baja Krueng Tingkem, Kutablang Bireuen untuk dapat segera dibangun jembatan permanen baru, Minggu (26/3). RAKYAT ACEH/RAHMAT HIDAYAT

BIREUEN (RA) – Proses pembongkaran rangkaian jembatan rangka baja Krueng Tingkeum Kutablang Bireuen terus dipacu dengan target selesai dua bulan dan dapat segera dibangun baru sehingga dapat kembali dilintasi pengendara baik dari Medan – Banda Aceh atau sebaliknya, seperti semula.

“Rangkaian jembatan rangka baja sudah siap dibongkar ada empat segmen. Untuk pembongkaran habis kita target butuh waktu dua bulan,” ujar pelaksana PT Takabeya Suryadi ditanyai Rakyat Aceh, Minggu (26/3) pagi ditemui di jalan elak lagi diperbaiki di Desa Rancong Kutablang.

Dalam proses pembongkaran jembatan sebelah barat masih lancar belum ada kendala yang berarti dan pekerja masih terus bekerja membongkar setiap segmen jembatan dengan penuh ekstra hati-hati resiko dibawah aliran sungai.

“Sudah empat segmen dibuka dan tahap pembongkaran butuh waktu dua bulan sekalian dengan proses pembersihan untuk dibangun baru. Rangkaian jembatan dibongkar itu dibawa ke tempat penyimpanan di Pidie Jaya karena menjadi barang inventaris negara,” terangnya.

Untuk diketahui jembatan baru yang permanen penganti jembatan rangka baja lagi dibongkar telah rusak berat paska tiang tengah patah tersangkut kayu dibawa banjir badang. Tetap dibangun diposisi semula bentuknya sisi barat dan timur masing-masing 30 meter dibangun jembatan plat beton dan rangka baja ditengah tidak lagi dipakai tiang ditengahnya. (rah/min)