Pendaftaran Duta Wisata Abes Dibuka

BANDA ACEH (RA) – Bagi pemuda pemudi Aceh Besar, yang ingin tampil di ajang pemilihan duta wisata, kini sudah dibuka kesempatan menjadi duta wisata Aceh Besar tahun 2017. Pendaftaran sudah dibuka sejak 27 Maret 2017 hingga 7 April 2017.

Ketua panitia Meriza Akbar mengatakan, pendaftaran dibuka melalui link bit.ly/dutarayeuk2017 dan mengumpulkan berkas di sekretariat PP Himpunan Mahasiswa Aceh Besar (HIMAB). “Adapun persyaratannya adalah Putra dan Putri Aceh berusia 17 Sampai dengan 23 tahun, belum menikah, memiliki kemampuan berbahasa asiing, belum pernah menjadi finalis duta wisata perwakilan kabupaten/kota lain, dan tidak sedang menjabat sebagai duta di ajang lain,” katanya

Akbar mengatakan peserta akan melalui tiga tahap seleksi, yang pertama seleksi berkas, yang kedua seleksi wawancara pertama. Delapan pasang agam dan inong yang terpilih akan mengikuti karantina. Karantina bertujuan untuk meningkatkan kapasitas duta wisata Aceh Besar, di sini peserta akan memperoleh pengetahuan lanjutan mengenai pariwisata, kebudayaan, public speaking, dan pembangunan berkelanjutan.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengasah bakat dan kemampuan peserta dalam penampilan budaya, dan persiapan menuju malam penobatan. Dan tahap terakhir adalah wawancara kedua bersama juri professional. Tahap ini merupakan penilaian terakhir sebelum malam puncak untuk penentuan inong dan agam Duta Wisata Aceh Besar 2017.

“Pada malam penobatan, juri akan memilih lima pasang agam inong menjawab pertanyaan yang diberikan oleh juri. Setelah menjawab pertanyaan, juri akan memilih tiga pasang agam inong untuk menjadi juara 1, 2 dan 3 Duta Wisata Aceh Besar dan juga ada juara favorit media social yang dipilih berdasarkan poling di media sosial,” ujarnya.

Akbar menambahkan, kriteria Duta Wisata Aceh Besar yang dicari yaitu memiliki keterampilan atau potensi diri, dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, Aceh dan asing, memiliki pengetahuan umum, kepariwisataan, keagamaan, dan kebudayaan Aceh, memiliki etika dan kepribadian yang baik dan berkomitmen penuh menjalankan tugas selama 1 (satu) tahun masa jabatan sebagai Duta Wisata Aceh Besar 2017.
“Dalam masa pendaftaran kami juga akan mengadakan roadshow di beberapa universitas dan sekolah, dan memberi sosialisasi seputar pariwisata dan kebudayaan Aceh serta kegiatan dutarayeuk, sehingga peserta bisa bertanya-tanya seputar duta wisata Aceh Besar dan mendaftar secara langsung dengan panitia. Kami berharap putra dan putri terbaik Aceh agar mengikuti ajang ini untuk memajukan pariwisata Aceh besar lebih baik lagi,” tutupnya. (ibi/rif)