Jenazah Kim Jong-nam OTW ke Pyongyang

PM Najib Razak. Foto: AFP

Harianrakyataceh.com РMalaysia akhirnya mengirimkan jasad Kim Jong-nam, pria yang tewas di KLIA 2 pada 13 Februari lalu, menuju Pyongyang.

Jumat (31/3), The Star melaporkan, jenazah saudara tiri dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un itu on the way ke ibu kota Korut lewat penerbangan ke Beijing.

Selain tubuh Kim Jong-nam, juga diterbangkan dua pria Korea Utara yang disebut ‘membantu’ proses penyelidikan.

Di sisi lain, seperti dilansir AFP, sembilan warga Malaysia yang selama ini secara tak langsung tersandera di Korea Utara, juga diizinkan kembali ke Malaysia, dijadwalkan telah tiba di Kuala Lumpur pagi ini.

PM Malaysia, Najib Razak mengungkap, ketegangan diplomatik antara kedua negara sudah berakhir.

Dalam akun resmi Twitter-nya, Najib menulis pengiriman jenazah ini sesuai dengan ‘permintaan dari keluarganya’. Ya, Najib tak menyebut nama Kim Jong-nam, sang perdana menteri lebih suka menyebutnya dengan ‘almarhum’ saja.

“Setelah menyelesaikan autopsi pada almarhum dan menerima surat dari keluarganya yang meminta sisa-sisa dikembalikan ke Korea Utara, petugas koroner telah menyetujui pengiriman jasad,” tulisnya.

Najib juga membenarkan sembilan WN Malaysia telah mendapat izin kembali ke kampung halamannya.

“Kami bekerja di balik layar secara intesif untuk mencapai kesepakatan ini. Banyak tantangan yang dihadapi untuk memastikan kembalinya warga kami. Keselamatan dan keamanan warga negara Malaysia, selalu menjadi prioritas saya,” tutur Najib. (adk/jpnn)