PA Ikuti Putusan DKPP

BANDA ACEH (RA) – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) hari ini berencana akan sidangkan kasus pernyataan Muzakir Manaf, saat berkampanye di Pidie, seperti diberikatan Rakyat Aceh kemarin, Tim Pemenangan Irwandi sudah melaporkan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh ke DKPP.

Mereka beralasan ketika melaporkan kasus itu, Panwaslih tidak menerima dan menindaklanjuti atas laporan pelanggaran tersebut. Juru Bicara Partai Aceh Suadi Sulaiman, mengatakan, kasus yang disidangkan tersebut sudah kadaluarsa kerena melewati batas waktu yang ditentukan aturan ketika melaporkan dugaan pelanggaran.

“Yang kita tahu bahwa pelaporan tersebut sudah melewati waktu, ketika melaporkan ke Pawaslih Aceh pada saat itu,” kata Suadi, Kamis (30/3).

Kendati demikian, ia tidak mempermasalahakan Tim Pemenangan Irwandi melaporkan kasus tersebut ke DKPP, ia menilai pelaporan itu sah-sah saja untuk mencari keadilan.

“Kalaupun sekarang sudah dilaporkan ke DKPP, itu wajar saja, nama saja untuk mencari keadilan. Sebagaimana gugutan yang kita ajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK) sekarang ini (terkait hasil Pilkada Aceh),” ujarnya.

Menurutnya, pokok permasalahan yang dilaporkan tersebut lebih pada kode etik pihak penyelenggran Pilkada dalam menjalankan tugas dan kewenangannya. Sehingga pihaknya tidak terlalu jauh mengomentari ihwal perkara itu.

“Namun perlu diketahui, jika itu sudah dilaporkan ke DKPP. Kami juga tidak tahu dan itu lebih mengarah kode etik pihak penyelanggaran Pilkada (Panwaslih),” tukasnya.

Dirinya menyatakan, Partai Aceh akan tetap mengikuti segala aturan dan proses hukum yang sedang berlangsung.”Partai Aceh menyatakan kooperatif terhadap hukum. Dan kasus itu sudah expired (kadaluarsa) dilaporkan di luar batas yang ditentukan,” tandasnya. (mur/mai)