Heboh Kemunculan Suku Mante, Nasir Djamil Sebut Mereka Warga Asli Aceh

Politikus PKS Nasir Djamil (Desinta/JawaPos.com)

Harianrakyataceh.com – Legislator daerah pemilihan Aceh, Nasir Djamil meyakini keberadaan Suku Mante. Konon dari buku-buku sejarah yang dibacanya, manusia kecil itu merupakan penduduk asli di bumi Serambi Mekah tepatnya di wilayah dataran tinggi Gayo, Aceh bagian tengah.

“Konon katanya itu orang Aceh asli. Sementara yang pesisir itu sudah campur dengan orang-orang Arab yang datang ke Aceh, orang China, Eropa, jadi itu wajah suku Aceh asli ya,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/4).

Populasi Suku Mante menurutnya sudah sangat sedikit dan terasing. Karena itu, mereka tidak mudah terlacak dan jarang muncul.

Suku Mante, lanjut Nasir, hidup dengan dunianya sendiri di pedalaman Aceh. Karena sadar jumlahnya sedikit, mereka tidak menarik perhatian karena itu justru menimbulkan musibah bagi kelompoknya. “Makanya mereka benar-benar terasing, benar-benar sedikit, benar-benar di pedalaman hutan, di sekitaran Aceh Tengah, Aceh Tenggara,” tuturnya.

Pemerintah Aceh hingga kini belum sempat menelusuri keberadaan Suku Mante tersebut. Belum juga ada publikasi ilmiah yang betul-betul konferehensif selain di buku-buku sejarah penduduk Aceh.

Dengan kejadian tertangkap kameranya diduga Suku Mante, dia berharap agar penelitian tentang keberadaan suku tersebut dilakukan. “Menurut saya penting untuk menjadi bahan, untuk melihat apakah benar suku mante ini merupakan suku Aceh asli, itu perlu dijawab seperti itu,” pungkas Nasir.

Sebelumnya, viral di media sosial  penampakan manusia kecil yang ditemukan pemotor trail di pedalaman Aceh. Penemuan orang yang diduga Suku Mante itu diunggah di YouTube oleh akun bernama Fredography.

Dalam video tersebut, seorang pengendara motor trail sedang menyusuri hutan pedalaman Aceh tiba-tiba dikejutkan oleh sesosok manusia pendek sedang berlari sambil membawa kayu. Namun sosok itu dengan cepat menghilang di balik ilalang. (dna/JPG)