Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 3 Apr 2017 07:47 WIB ·

Jamin Pasokan Listrik Selama Ramadhan, PLN Uprating Konduktor


 Ist/Rakyat Aceh/Dok Perbesar

Ist/Rakyat Aceh/Dok

BANDA ACEH (RA) – Untuk menjamin pasokan listrik selama Bulan Suci Ramadhan, tidak ada gangguan, PT PLN (Persero) melakukan uprating konduktor dari ACSR 240 mm2 kemampuan kurang lebih 600A menjadi ACCC 310 mm2 kemampuan kurang lebih 1200A.

“Pelaksanaan pekerjaan tersebut dimulai dari tanggl 2 April 2017, dan Insya Allah diperkirakan selesai pada tanggal 22 Mei 2017,” kata Humas PLN Wilayah Aceh, kepada Rakyat Aceh, Senin (3/4).

Dijelaskan, pemadaman bergilir dalam beberapa waktu terakhir karena ada beberapa pembangkit sedang dalam pemeliharaan, PLN memastikan bahwa kebijakan pemadaman listrik bergilir per tiga jam disejumlah wilayah di Aceh, bukan faktor kesengajaan, melainkan keputusan terberat diambil manajemen untuk menjaga agar tidak terjadi pemadaman yang lebih besar atau dalam istilah kelistrikan disebut blackout.

Salah satu alasan dilakukan pemeliharaan terhadap sejumlah pembangkit yang ada di Aceh seperti PLTU Nagan Raya 1 dan pembangkit di Sumatera Utara, dilakukan untuk menjaga keandalan listrik pada Bulan Suci Ramadhan.

“Ini dilakukan agar umat muslim dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk selama Bulan Suci dengan khusyuk, tanpa adanya gangguan pemadaman,”terangnya.

Sebelumnya PLN Aceh telah menginformasikan kepada masyarakat bahwa sehubungan dengan pemeliharaan pembesaran konduktor Saluran Transmisi Pangkalan Brandan – Binjai dan terjadi gangguan PLTMG Arun yang berakibat beban Arun turun menjadi 70 MW.

Maka telah menyebabkan keterbatasan transfer kirim dari Sumut, kondisi itu membuat maka manajemen PLN Aceh dengan sangat terpaksa melakukan pemadamanan bergilir per 3 jam selama 1 periode untuk wilayah Banda Aceh, Aceh Besar, Sigli, Pidie Jaya, Meulaboh, Aceh Jaya , Bireun, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Kota Langsa , Aceh Tamiang.

Pemadaman dilakukan untuk menaikkan dan mempertahankan tegangan supplai agar tidak terjadi pemadaman yg lebih besar (Blackout). Tentunya pihak PLN terus berupaya secepat mungkin untuk menyelesaikan kondisi ini.

“Sekali lagi kami atas nama PLN Aceh memohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Semoga sistem kelistrikan Aceh dapat segera pulih kembali,”pungkas humas PLN. (slm)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kadisdik Tekankan Pesan Mulia Himne Aceh pada Pembukaan Rakor DAK Fisik SMA dan SLB

22 June 2024 - 14:13 WIB

7 Jemaah Haji Asal Provinsi Aceh Meninggal Dunia di Arab Saudi

21 June 2024 - 15:19 WIB

Lionel Messi Pecahkan Rekor Penampilan Terbanyak pada Ajang Copa America

21 June 2024 - 15:11 WIB

Jadi Perampok, Tiga Oknum Personel Polrestabes Medan Buron, 12 Langgar Kode Etik

20 June 2024 - 15:01 WIB

80 Ribu Anak-anak Di Bawah Usia 10 Tahun Tercatat Memainkan Judi Online

20 June 2024 - 14:58 WIB

Beneran Nih??? 15 Oknum Anggota Polrestabes Medan Jadi Buron Kasus Perampokan

19 June 2024 - 15:48 WIB

Trending di UTAMA